Header Ads

Ribuan Orang Napak Tilas Pembantaian Srebrenica

Korban selamat dari peristiwa pembantaian di Srebrenica oleh pasukan salib Serbia pada tahun 1995 melakukan napak tilas tahunan ke bukit-bukit di sebellah timur Bosnia, guna mengenang perjalanan mereka menyelamatkan diri dari kejaran tentara Serbia.



Sekitar 4.000 anggota keluarga dan kerabat serta pendukung mereka ikut ambil bagian dalam kegiatan jalan kaki menelusuri rute sepanjang 110 kilometer, yang puncak peringatannya akan jatuh pada hari Rabu lusa, lapor Euronews Ahad (8/7/2012).

Sekitar 8.000 orang pria dan anak laki-laki Muslim Bosnia dibantai oleh pasukan Serbia di Srebrenica, setelah mereka dipisahkan dari kelompok wanita dan anak-anak perempuan Bosnia.

Sementara sekitar 15.000 orang lainnya berhasil menyelamatkan diri dengan lari ke hutan-hutan dan puncak bukit. Dalam salah satu film dokumenter tentang pembantaian tersebut, sejumlah saksi mengatakan bahwa aksi perburuan oleh pasukan Serbia atas warga Muslim Bosnia ketika itu berlangsung lebih dari 10 hari.

Para peserta napak tilas menuntut agar sidang atas Ratko Mladic, salah satu terdakwa dalam kasus kejahatan perang Bosnia dan otak pembantaian itu, dituntaskan secepatnya.

Sebagaimana diketahui, akibat berlarut-larutnya peradilan di Mahkamah Kejahatan Internasional untuk Bekas Yugoslavia di Den Haag, Slobodan Milosevic yang juga menjadi tersangka kasus yang sama, meninggal lebih dulu di dalam tahanan sebelum sidang selesai. Ratko Mladic, belakangan juga sering mengeluhkan kondisi kesehatannya yang memburuk. [hidayatullah/al-khilafah.org]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.