Header Ads

Jamaah Tarekat Saman Lebaran Hari Ini

Para pengikut tarekat Saman di Padang, Sumatra Barat, berlebaran hari ini, Kamis (16/8/2012). Mereka melaksanakan salat Idul Fitri 1433 Hijriyah di Masjid Surau Cerobong, Kecamatan Koto Tengah.



Sebelum shalat, para jama’ah mengumandangkan takbiran yang dipimpin Imam Masjid, Mizar, yang sekaligus juga mengimami shalat ied tepat pukul 08.00 WIB.

Seorang warga bernama Sapar mengatakan penetapan hari raya yang mereka lakukan itu sesuai dengan hitungan hari mulai tahun lalu. Sehingga 1 Syawal atau hari pertama Idul Fitri jatuh pada hari ini.

Sapar merupakan cucu dari Angku Imam Karim yang membawa tarekat Saman ke Padang. Ia mengakui tidak pernah mengikuti anjuran pemerintah karena mengacu pada penghitungan sesuai ajaran tarekat.

Tarekat Saman merupakan salah satu dari pecahan tarekat yang datang dari Ulakan, Kabupaten Padang Pariaman. Tiga tarekat lain yaitu Satari, Syatariah, dan Syekhbandi. Sehingga, pelaksanaan Idul Fitri pada hari ini pun juga dilakukan di Kabupaten Padang Pariaman. [dakta/www.al-khilafah.org]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.