Header Ads

Terungkap: Mata Rantai Pusat-pusat Penyiksaan Irak Dengan Pentagon

James steele
Eksklusif: Jenderal David Petraeus dan para veteran ‘perang yang kotor’ ada di belakang unit-unit komando yang terlibat dalam penyiksaan para tahanan.


Pentagon mengirimkan seorang veteran AS dari “perang kotor” di Amerika Tengah untuk mengawasi unit-unit komando polisi sektarian di Irak yang mengatur penahanan rahasia dan pusat-pusat penyiksaan untuk mendapatkan informasi dari para pemberontak. Unit-unit itu melakukan beberapa tindakan penyiksaan terburuk selama pendudukan AS dan mempercepat negara itu untuk jatuh ke dalam perang saudara berskala penuh.

Kolonel James Steele masih berusia 58 tahun dan merupakan seorang pensiunan pasukan khusus ketika dia dicalonkan oleh Donald Rumsfeld untuk membantu mengatur paramiliter dalam upaya memadamkan pemberontakan Sunni, menurut investigasi oleh Guardian dan BBC Edisi Arab.

Setelah Pentagon mencabut larangan milisi Syiah untuk bergabung dengan pasukan keamanan, keanggotaan komando polisi khusus (SPC) semakin diambil alih oleh kelompok Syiah yang melakukan kekerasan seperti brigade-brigade Badr.
Seorang penasihat khusus kedua, seorang pensiunan Kolonel James H Coffman, bekerja bersama dengan Steele di pusat-pusat penahanan itu, yang dibangun dengan biaya jutaan dolar AS.

Coffman melaporkan langsung kepada Jenderal David Petraeus, yang dikirim ke Irak pada bulan Juni 2004 untuk mengatur dan melatih pasukan keamanan baru Irak. Steele, yang berada di Irak dari tahun 2003 hingga 2005, dan kembali ke negara itu pada tahun 2006, melaporkan langsung ke Rumsfeld.

Tuduhan itu, yang dibuat oleh para saksi dari AS dan Irak dalam film dokumenter buatan The Guardian / BBC, melibatkan para penasihat AS untuk pertama kalinya dalam pelanggaran HAM yang dilakukan oleh pasukan komando. Ini juga pertama kalinya Petraeus – yang pada bulan November lalu dipaksa mengundurkan diri sebagai direktur CIA karena skandal seks – telah dikaitkan melalui seorang penasihat dalam perlakuan kejam terhadap para tahanan ini.

Coffman melaporkan kepada Petraeus dan menggambarkan dirinya dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Stars and Stripes milik militer AS bahwa Petraeus memiliki “mata dan telinga” di Irak.

“Mereka bekerja bergandengan tangan,” kata Jenderal Muntadher al-Samari, yang bekerja dengan Steele dan Coffman selama satu tahun saat komando terbentuk. “Saya tidak pernah melihat mereka berpisah dalam 40 atau 50 kali saya melihat mereka dalam pusat-pusat penahanan. Mereka tahu segala sesuatu yang terjadi di sana … penyiksaan, jenis penyiksaan yang paling mengerikan.”

Laporan tambahan dari Guardian telah mengkonfirmasi rincian lebih lanjut tentang bagaimana sistem interogasi bekerja. “Setiap pusat penahanan tunggal memiliki komite interogasi sendiri,” ujar Samari, yang berbicara untuk pertama kalinya secara rinci tentang peran AS dalam unit interogasi.

“Masing-masing unit terdiri dari seorang perwira intelijen dan delapan interogator. Komite ini akan menggunakan segala cara penyiksaan agar membuat tahanan mengaku seperti dengan menggunakan listrik atau menggantung dirinya dengan cara terbalik, mencabut kuku mereka, dan memukuli mereka di bagian-bagian sensitif. ”

Tidak ada bukti bahwa Steele atau Coffman menyiksa para tahanan sendiri, hanya bahwa mereka kadang-kadang hadir di pusat-pusat penahanan di mana penyiksaan terjadi dan terlibat dalam pengolahan ribuan tahanan.

Penyelidikan oleh The Guardian / BBC Edisi Arab yang dipicu oleh munculnya log rahasia militer AS di WikiLeaks yang merinci ratusan insiden di mana tentara AS dijumpai di jaringan penyiksaan pusat penahanan yang dijalankan oleh pasukan komando polisi di seluruh Irak. Bradley Manning, 25 tahun, sedang menghadapi hukuman penjara hingga 20 tahun setelah dia mengaku bersalah karena membocorkan dokumen-dokumen itu.

Samari mengklaim bahwa penyiksaan itu secara rutin dilakukan dalam pusat penahanan yang dikendalikan SPC. “Saya ingat seorang anak berusia 14 tahun yang diikat ke salah satu tiang perpustakaan. Dia diikat, dengan kakinya di atas kepalanya. Diikat. Seluruh tubuhnya membiru karena kabel yang telah dipakai untuk memukulinya. ”

Gilles Peress, seorang fotografer, menemukan Steele ketika dia bertugas untuk New York Times, dan mengunjungi salah satu pusat komando itu di perpustakaan yang sama, di Samarra. “Kami berada di sebuah ruangan di perpustakaan dengan wawancara Steele dan saya melihat di sekeliling ada darah di mana-mana.”

Wartawan Peter Maass juga ada di situ, dan menulis cerita bersama Peress. “Dan sementara wawancara ini berlangsung dengan seorang jihadis Saudi dengan Jim Steele juga di dalam ruangan, ada suara jeritan mengerikan, seseorang berteriak: Namun itu bukan jeritan ekstasi agama atau seperti seperti ‘Allah, Allah, Allah!’ , itu adalah jeritan kesakitan dan teror. ”

Pola-pola yang terjadi di Irak memberikan ketakutan yang sama atas pelanggaran HAM yang tercatat yang dilakukan oleh AS dan didanai oleh regu paramiliter di Amerika Tengah pada tahun 1980-an. Steele adalah kepala tim penasihat militer khusus AS yang melatih unit-unit pasukan keamanan El Salvador. Petraeus mengunjungi El Salvador pada tahun 1986, sementara Steele berada di sana dan menjadi pembela utama metode counterinsurgency.

Steele tidak menanggapi pertanyaan dari Guardian dan BBC Edisi Arab tentang perannya di El Salvador atau Irak. Di masa lalu, dia telah membantah terlibat dalam penyiksaan dan mengatakan secara terbuka dia “menentang pelanggaran HAM.” Coffman menolak berkomentar.

Seorang pejabat yang berbicara untuk Petraeus mengatakan: “Selama bertahun-tahun di Irak, Jenderal Petraeus tidak belajar dari tuduhan bahwa pasukan Irak telah menyiksa para tahanan. Dalam setiap kejadian, dia berbagi informasi dengan segera dengan rantai komando militer AS, duta besar AS di Baghdad … dan para pemimpin Irak yang relevan. ”

The Guardian telah mengetahui bahwa keterlibatan unit-unit SPC dengan penyiksaan menjadi hal yang populer di Irak ketika sebagian korban mereka melakukan unjuk rasa di depan khalayak TV pada program yang disebut “Terorism In The Hands of Justice.”

Pusat-pusat penahanan SPC membeli kamera video, yang didanai oleh militer AS, yang digunakan untuk membuat film tentang para tahanan untuk film itu. Ketika acara itu mulai membuat marah masyarakat Irak, Samari ingat dia berada di rumah Jenderal Adnan Thabit – Kepala Komando Khusus – ketika ada panggilan dari kantor Petraeus yang menuntut dihentikannya pertunjukkan penyiksaan di TV.

“Penerjemah khusus Jenderal Petraeus, Sadi Othman, menelepon untuk menyampaikan pesan dari Jenderal Petraeus dan mengatakan kepada kita agar tidak menunjukkan para tahanan di TV setelah mereka telah disiksa,” kata Samari. “Kemudian 20 menit kemudian kami mendapat telepon dari Kementrian Dalam Negeri Irak yang menceritakan hal yang sama, bahwa Jenderal Petraeus tidak ingin korban penyiksaan ditampilkan di TV.”

Othman, yang sekarang tinggal di New York, menegaskan bahwa dia melakukan panggilan telepon atas nama Petraeus kepada Kepala SPC untuk meminta dia agar menghentikan menampilkan para tahanan yang disiksa. “Tapi Jenderal Petraeus tidak setuju dengan penyiksaan,” tambahnya. “Untuk menunjukkan dia tidak mendukung penyiksaan adalah suatu omong kosong.”

Thabit meremehkan gagasan bahwa orang-orang Amerika dimana dia berurusan dengannya tidak menyadari apa yang komando sedang lakukan. “Hingga saya pergi, orang-orang Amerika tahu tentang segala sesuatu yang saya lakukan, mereka tahu apa yang sedang terjadi di interogasi dan mereka tahu para tahanan. Bahkan sebagian intelijen untuk para tahanan datang kepada kami – mereka berbohong “.

Tepat sebelum Petraeus dan Steele meninggalkan Irak pada bulan September 2005, Jabr al-Solagh diangkat sebagai Menteri Dalam Negeri yang baru. Di bawah Solagh, yang terkait erat dengan milisi Brigade Badr yang melakukan kekerasan, tuduhan atas penyiksaan dan kebrutalan yang dilakukan oleh komando melonjak. Hal ini juga diyakini bahwa unit-unit telah berkembang menjadi pasukan pembunuh.

The Guardian telah mengetahui bahwa tingkat para pejabat tinggi Irak yang bekerja dengan AS setelah invasi memperingatkan Petraeus atas konsekuensi penunjukan Solagh namun permohonan mereka diabaikan.

Dampak jangka panjang dari pendanaan dan mempersenjatai pasukan paramiliter ini adalah melepaskan milisi sektarian yang mematikan yang meneror masyarakat Sunni dan membantu meningkatkan perang saudara yang memakan puluhan ribu nyawa. Pada puncak konflik sektarian, 3.000 mayat ditemukan dalam bulan berserakan di jalan-jalan Irak.

Riwayat Hidup: James Steele

Vietnam

Pengalaman pertama Jim Steele adalah Perang Vietnam, di mana dari tahun 1965-1975 unit-unit tempur AS dikerahkan melawan pasukan komunis Pemerintah Vietnam Utara dan Viet Cong. 58.000 orang Amerika tewas, yang merupakan sebuah pukulan terhadap harga diri bangsa dan menyebabkan perubahan dalam pemikiran militer bagi konflik berikutnya.

El Salvador

Sebuah kudeta militer tahun 1979 menjerumuskan negara terkecil di Amerika Tengah itu ke perang saudara dan menyebabkan ditariknya pelatihan dan pendanaan AS kepada pemerintah sayap kanan. Tahun 1984 sampai 1986 Steele – yang merupakan seorang “spesialis kontra” – adalah kepala penasehat pasukan khusus MilGroup AS untuk garis depan batalyon militer Salvador, yang mengembangkan reputasi internasional menakutkan karena kegiatan skuadnya yang mematikan. Prof Terry Karl, seorang ahli di Stanford University mengenai perang saudara El Salvador, mengatakan bahwa tujuan utama Steele adalah menggeser pertarungan dari apa yang disebut sebagai perang total, yang kemudian berarti pembunuhan serampangan atas ribuan warga sipil, dengan pendekatan yang lebih “diskriminasi” . Salah satu tugasnya adalah untuk lebih menekankan pada “kecerdasan manusia” dan interogasi.

Nikaragua

Ia menjadi terlibat masalah Iran-Contra, yang melihat hasil penjualan senjata rahasia oleh para pejabat senior AS ke Iran yang digunakan untuk membiayai Contras, sayap kanan gerilyawan yang memerangi pemerintah sayap kiri Sandinista Daniel Ortega di Nikaragua. Steele menjalankan operasi di Bandara El Salvador Ilopango, dari mana Letnan Kolonel Oliver North ilegal melakukan suplai dan pasokan senjata ke Contras.

Irak

Segera setelah invasi tahun 2003 pimpinan AS ke Irak, Kolonel James Steele yang sekarang pensiun, berada di Baghdad sebagai salah seorang agen Gedung Putih yang paling penting, dengan mengirimkan kembali laporan kepada Donald Rumsfeld dan bertindak sebagai utusan pribadi menteri pertahanan AS untuk Komando Khusus Polisi Irak, untuk membawahi intelejen yang mengumpulkan aktivitas. Pasukan Komando, yang sebagian besar tediri dari milisi Syiah yang melakukan kekerasan, mengembangkan reputasi sebegai pasukan yang melakukan penyiksaan dan kemudian untuk melakukan aktivitas mematikan yang diarahkan terhadap komunitas Sunni. (rz) [guardian/HTIPress/www.al-khilafah.org]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.