Header Ads

Irak Akan Tuntut Blackwater

Irak - Pemerintah Irak pada Selasa mengatakan akan mencari keadilan terhadap Blackwater (sekarang Xe) atas aksi brutal mereka yang menewaskan banyak orang di Baghdad pada tahun 2007.

Jubir pemerintah Ali al-Dabbagh mengatakan bahwa kabinet telah memutuskan akan membuka kasus baru terhadap lima orang petugas Blackwater yang menembaki penduduk sipil Irak, dalam penembakan itu 17 orang tewas di Baghdad tahun 2007.

"Kementrian dalam rapat kabinet hari Selasa telah memutuskan akan menuntut perusahaan jasa keamanan Amerika Blackwater atas desakan keluarga para korban", kata Dabbagh yang dikutip harian Voice of Iraq.

Pemerintah Irak berjanji akan mencari keadilan para korban terhadap Blackwater baik di Amerika dan di Irak setelah hakim federal Amerika melepaskan semua dakwaan terhadap Blackwater pekan lalu.

Para petugas tersebut didakwa dengan 17 dakwaan pembunuhan tidak berencana, 20 dakwaan percobaan pembunuhan tak berencana dan satu dakwaan kekerasan menggunakan senjata.

Dabbagh berjanji bahwa pemerintah akan memfasilitasi perkara hukum dari warga Irak ini untuk menuntut para petugas Blackwater dan perusahaannya di pengadilan Amerika.
(voa-islam/alj/voai)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.