Header Ads

Ratusan Terbunuh Semenjak Eskalasi Serangan AS

Setelah rekor 700 warga sipil tewas tahun lalu dalam 44 serangan pesawat tanpa awak (UAV) AS di Pakistan pada tahun 2009, pemerintahan Obama tampak meningkatkan serangannya pada tahun 2010, ke daerah sasaran menggunakan UAV telah menjadi peristiwa yang biasa.

Kurang dari empat bulan memasuki tahun baru (2010), AS telah melancarkan 40 serangan dan menewaskan sedikitnya 268 orang . Serangan terbaru kemarin di Waziristan Utara setidaknya telah menewaskan sembilan orang.

Identitas korban tidak pernah mudah untuk dipastikan, namun jumlah militan tewas sepanjang tahun ini sangat sedikit, seperti tahun lalu, ketika sebagian besar “tersangka” ternyata tidak memiliki hubungan dengan para militan .

Sejak memangku jabatan, Obama telah berulang kali meningkatkan serangan UAV terhadap daerah-daerah kesukuan, ke titik di mana beberapa serangan dalam seminggu sering terjadi. Di musim dingin terlihat sejumlah besar serangan, sepertinya sebuah rekor baru untuk pembunuhan sangat meyakinkan akan kembali terjadi pada tahun 2010. (antiwar.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.