Header Ads

NATO, Jadi 2011, 2014 Atau Dua Ribu Berapa?

Lupakan tentang tahun 2011. Setelah sebelumnya beredar kabar yang menyebutkan bahwa NATO akan menarik semua pasukannya dari Afghanistan pada tahun 2011, maka sekarang keputusan yang terbaru pada KTT Nato pada hari Jumat pekan silam, menyatakan bahwa kemungkinan penarikan pasukan yang sebenarnya baru akan dilakukan Desember 2014.

Anders Fogh Rasmussen, sekretaris jenderal NATO, menyatakan bahwa rencana penarikan pasukan yang berjumlah 150.000 secara bertahap baru diumumkan selama pertemuan di Lisbon tersebut.

Rasmussen mengatakan bahwa aliansi ke-28 negara telah berkomitmen pada target 2014. Tanggapan dari beberapa pejabat di NATO dan di Amerika Serikat mengatakan bahwa itu terlalu ambisius mengingat kekuatan Taliban saat ini.

"Kami akan mengumumkan bahwa transisi tanggung jawab untuk memimpin Afghanistan (soal keamanan) akan dimulai pada tahun 2011," kata Rasmussen.

"Kami berharap proses ini akan selesai pada akhir 2014 sehingga pasukan keamanan Afghanistan dapat mengambil tanggung jawab seluruh Afghanistan." pungkasnya. (sa/jzr/eramuslim)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.