Header Ads

Erdogan Bantu Korban Kebakaran Israel

Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan menyatakan kesiapannya kepada Benjamin Netanyahu untuk membantu korban kebakaran yang terjadi di sebelah utara Israel. Demikian dilansir Islammemo.cc (3/12).

Berdasarkan sumber dari kantor Perdana Menteri Turki, Erdogan mengatakan dalam percakapan telpon dengan Netanyahu bahwa Turki siap mendukung dengan segala cara untuk memberikan bantuan kepada korban-korban kebakaran di Israel.

Menurut AFP, Erdogan telah memerintahkan pada hari Kamis lalu untuk mengirimkan air ke Israel guna membantu memadamkan api besar yang membakar Gunung Carmel, dekat Haifa.

Netanyahu menyampaikan ucapan terima kasih kepada Erdogan melalui via telpon, atas bantuan Turki terhadap kebakaran besar yang melanda Israel tersebut. Dalam kesempatan itu pula, Erdogan menekankan bahwa apa yang telah dilakukan Turki dalam membantu korban kebakaran tersebut sudah merupakan kewajiban sebagai sesama manusia, dan kewajiban sebagai Muslim.

Netanyahu juga menyatakan bahwa bantuan Turki tersebut sangat penting bagi Israel, dan penuh dengan makna.

Dalam inseden kebakaran tersebut, setidaknya 40 orang tewas dan sekitar 12 ribu orang lainnya dievakuasi dari bagian utara Israel. Karena besarnya api, akhirnya memaksa Netanyahu untuk meminta bantuan internasional.

Israel juga telah memberikan bantuan kepada Turki ketika gempa bumi berkekuatan besar melanda Turki pada tahun 1999, dan telah merenggut setidaknya 20 ribu orang. (sdz/ismm/hidayatullah.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.