Header Ads

MUI: Ada Keterkaitan Al Zaitun dengan NII KW 9

Ketua Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Ma’aruf Amin mengatakan, MUI pada tahun 2002 pernah melakukan penelitian terhadap keterkaitan Ma’had Al Zaitun pimpinan Panji Gumilang dengan NII KW 9.

“Dilihat dari hubungan historis, finansial, dan kepemimpinan, ditemukan indikasi kuat adanya keterkaitan antara Al Zaitun dengan NII KW 9,” kata Kiai Ma’aruf dalam jumpa pers di Kantor MUI, Jl. Proklamasi, Jakarta Pusat, Rabu (11/5) siang.

Penelitian ini diambil dari keterangan berbagai sumber, seperti dari para mantan anggota NII KW 9, orang tua murid Ma’had Al Zaitun, pengurus Forum Ulama Umat Islam (FUUI), maupun mantan Kepala BAKIN, almarhum ZA. Maulani.

Dari keterangan yang dihimpun itu MUI memutuskan bahwa memang ada penyimpangan faham dan ajaran Islam yang dipraktekkan NII KW 9. Penyimpangan itu antara lain penghimpunan dana yang mengatasnamakan ajaran Islam.

Namun dalam penelitian itu MUI belum menemukan penyimpangan ajaran Islam dalam sistem pendidikan, kegiatan belajar mengajar, serta aktivitas ibadah santri di Ma’had Al Zaitun.

“Jadi jika sekarang ada pihak-pihak yang meminta kepada MUI untuk menyikapi masalah NII KW 9 ini, kami tinggal menegaskan kembali hasil penelitian itu,” tandas Kiai Ma’aruf.(hidayatullah.com)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.