Header Ads

Mesir Tutup Terowongan Perbatasan Gaza

Pemerintah Mesir mulai menutup sejumlah terowongan antara perbatasannya dengan Jalur Gaza yang biasa dipakai untuk memasukkan berbagai barang keperluan penduduk Palestina. Demikian kata para saksi dan petugas keamanan, Ahad (04/9).

Tindakan penutupan terowongan itu dilakukan Mesir untuk meningkatkan keamanan perbatasan, setelah terjadinya ketegangan dengan Israel akibat dibunuhnya lima penjaga perbatasan Mesir.

Daerah perbatasan di Rafah, wilayah terdekat dengan Jalur Gaza, terdapat ratusan terowongan yang dipakai untuk berbagai keperluan, tidak terkecual pengiriman senjata.

Pengiriman senjata ke Jalur Gaza disinyalir meningkat sejak rezim Husmi Mubarak digulingkan pada bulan Februari. Banyak penjaga keamanan yang ditarik dari daerah Sinai, sehingga mengurangi penjagaan di wilayah tersebut.

Israel mengklaim terdapat pergerakan kelompok pejuang Palestina bolak-balik antara Gaza-Mesir pada 18 Agustus, saat sebuah daerah wisata Israel diserang dengan korban delapan orang tewas. Lima orang penjaga perbatasan Mesir dibunuh saat Israel mengejar tersangka pelaku penyerangan tersebut.(hidayatullah)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.