Header Ads

Setelah Blackwater, Xe Services, Sekarang Akan Hadir ACADEMI di Irak

Dengan AS menarik keluar pasukan mereka dari Irak bulan ini, Washington berencana untuk mengirim tentara bayaran Blackwater ke negara Timur Tengah di bawah "new brand" ACADEMI.



Berbasis di New York USTC Holdings, kelompok investasi yang membeli bekas perusahaan Blackwater, Xe Services, pada bulan Desember 2010, mengumumkan pada hari Senin kemarin (12/12) bahwa ACADEMI sebagai nama baru untuk Blackwater / Xe Services, AFP melaporkan.

Perkembangan ini datang pada saat Presiden AS Barack Obama bertemu dengan Perdana Menteri Irak Nouri al-Maliki untuk membahas fase berikutnya dari hubungan antara kedua negara setelah penarikan tentara AS.

"Kami memiliki tahun-tahun yang luar biasa terkait perubahan yang telah menghasilkan sebuah perusahaan baru, yang lebih baik," kata presiden ACADEMI dan kepala eksekutif perusahaanTed Wright dalam sebuah pernyataan.

Dalam sebuah wawancara yang diterbitkan pada hari Senin kemarin, Wright mengatakan ia ingin mengambil bisnis ACADEMI kembali ke Irak dan melanjutkan dengan mengatakan bahwa perusahaannya telah menyewa sebuah perusahaan eksternal untuk membantu mengajukan permohonan izin usaha di negeri ini.

"Saya pikir pada akhirnya, kita akan mendapatkan lisensi, kami akan melakukan bisnis di Irak," katanya menegaskan.

Blackwater mengadopsi nama Xe Services setelah pemerintah Irak mengumumkan pada 2009 bahwa mereka tidak akan memperbarui kontrak perusahaan keamanan karena insiden mematikan di tahun 2007 di mana petugas yang melindungi sebuah konvoi diplomatik AS melepaskan tembakan di sebuah distrik yang sibuk di Baghdad menewaskan 14 warga sipil.

Departemen Luar Negeri AS dilaporkan pada bulan Agustus 2010 lalu mengumumkan bahwa Pentagon akan menggantikan pasukan Amerika di Irak dengan tentara bayaran swasta.(fq/prtv/eramuslim)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.