Header Ads

Kuburan massal ditemukan di kompleks militer Afghanistan

Sebuah kuburan massal yang berisi sedikitnya 10 tengkorak manusia ditemukan di utara Afghanistan oleh pekerja konstruksi yang menggali tanah di area tersebut untuk membangun sebuah tempat parkir di salah satu kompleks militer, para pejabat Afghanistan mengatakan pada hari Rabu (4/1/2012).


Penemuan tersebut terjadi pada hari Selasa (3/1) di provinsi Balkh distrik Deh Dadi, dekat lokasi pertempuran besar selama perang saudara berdarah di negara itu awal tahun 1990-an.

“Kami berhasil mengumpulkan 10 sampai 15 tengkorak dari kuburan tersebut dan kemudian berhenti menggali,” kata Mohammad Nahim, juru bicara tentara Afghanistan di utara.

Nahim menambahkan bahwa tentara meminta tim forensik dan badan hak asasi manusia untuk menyelidiki kuburan massal, tempat sejumlah kerangka dengan posisi tangan terikat tali biru di belakang punggung.

Tentara menghentikan konstruksi di sekitar kuburan pada hari Rabu (4/1), mengikuti permintaan dari Komisi Hak Asasi Manusia Independen, yang akan menyelidiki para korban, seperti yang diungkapkan oleh Mohammad Sayed, kepala komisi, kepada Reuters.

“Kami akan berusaha untuk memperoleh kejelasan mengenai korban dan alasan mereka dibunuh,” tambah Nahim. Pejabat militer memperkirakan bahwa jumlah mayat yang dikubur di area tersebut bisa jadi lebih tinggi. (althaf/arrahmah)



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.