Header Ads

Tidak Ada Solusi Tuntas dari OKI untuk Menghentikan Kezhaliman Rezim Suriah, Selain "Oh I See..."

Lagi-lagi, tokoh-tokoh perwakilan kumpulan negeri-negeri Muslim tidak memiliki solusi tuntas untuk menghentikan kezaliman rezim Suriah. Tidak terbersit sedikitpun keinginan mereka untuk mengirimkan pasukan tentara kaum Muslim guna menyelamatkan warga Muslim yang ditindas, atau menyerukan Khilafah sebagai pemersatu sesungguhnya negeri Muslim.



Organisasi Kerja sama Islam (OKI) atau OIC seringkali dijuluki "Oh I See". pada Rabu malah hanya mendesak tekanan diplomatik yang lebih besar untuk mendorong pemerintah Suriah agar berunding dengan kelompok oposisi namun menentang campur tangan militer asing.

Sekretaris Jenderal OKI, Ekmeledin Ihsanoglu, mengatakan kepada peserta dalam satu pertemuan di Canberra bahwa campur tangan militer akan membahayakan rakyat Suriah, sama seperti konflik yang terjadi di Irak, Libya dan Somalia.

"Segala bentuk campur tangan militer bahayakan keadaan bukannya memecahkan konflik," kata dia.

Kekuatan internasional -- OKI dan Liga Arab-- berencana untuk bertemu di Tunisia pada 24 Februari dalam rangka membentuk kelompok Teman Suriah untuk mencari cara mengakhiri konflik di Suriah secara damai.

"Ini akan meningkatkan tekanan agar pemerintah mau berbicara dengan oposisi. Kami harus bekerja maksimal untuk menciptakan cetak biru transformasi kekuasaan di masa akan datang," tambah Ihsanoglu.

OKI merupakan organisasi yang beranggota 57 negara. Ketua Pusat Pengkajian Islam Sunni, Al Azhar, pada Selasa menyerukan agar Arab berani menindak pemerintah Suriah, seiring meningkatnya tekanan wilayah itu kepada Presiden Bashar Al Assad.

Presiden Bashar Al Assad adalah anggota minoritas mazhab Alawite --cabang dari Islam Syiah-- yang mendominasi Suriah selama 50 tahun, demikian Reuters melaporkan.

Demikianlah, tak ada solusi tuntas untuk menyelesaikan kezhaliman penguasa korup Bashar al-Assad yang ditawarkan oleh kumpulan negeri-negeri Muslim itu. Padahal, seperti diserukan oleh kaum Muslim di bumi Syam, baik di Suriah, Lebanon atau Yordania, mereka benar-benar merindukan Khilafah sebagai solusi tuntas atas persoalan yang menimpa umat ini. Insya Allah, semakin dekat. [m/ant/syabab.com/al-khilafah.org]


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.