Header Ads

Dephan AS Minta Kongres Kucurkan Dana Lagi untuk Bantu "Iron Dome" Israel

Departemen Pertahanan AS pada hari Selasa kemarin (27/3) mengatakan akan meminta Kongres untuk mendanai tambahan sistem pertahanan rudal jarak pendek "Iron Dome" Israel, mengingat keberhasilan sistem dtersebut alam mencegat roket yang diluncurkan dari Gaza awal bulan ini.



Permintaan ini datang dengan latar belakang kekhawatiran Washington tentang serangan Israel terhadap Iran yang mungkin ditujukan untuk menghentikan atau memperlambat program nuklir Iran, serta meningkatnya gejolak kekerasan di sepanjang perbatasan selatan Israel sebulan terakhir.

Kongres AS sebelumnya telah menyetujui 205 juta dolar dalam pendanaan untuk proyek "Iron Dome", pada tahun fiskal 2011 yang berakhir pada 30 September, dan pemerintahan Obama berencana untuk meminta dana tambahan tahun ini.

Juru bicara Pentagon George Little mengatakan bahwa mendukung keamanan Israel adalah prioritas utama Obama dan Menteri Pertahanan Leon Panetta.

"Selama serangan roket awal bulan ini, sistem Iron Dome memainkan peran penting dalam keamanan Israel," Little mengatakan dalam sebuah pernyataan. "Ketika hampir 300 roket dan mortir ditembakkan ke Israel selatan, Iron Dome mencegat lebih dari 80 persen dari target yang bergerak, menyelamatkan nyawa banyak warga sipil."

Sistem "Iron Dome" dikembangkan oleh Rafael Advanced Defense Systems Ltd untuk melawan serangan roket dari Libanon, yang mencapai kota-kota Israel selama perang 2006 dengan Hizbullah, dan dari warga Palestina di Jalur Gaza. [fq/reu/eramuslim/al-khilafah.org]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.