Header Ads

Mantan Menlu Mesir, Menjilat AS : Ini Bukan Kudeta Militer!

Definisi tentang apa yang terjadi di Mesir pada hari Rabu pekan lalu adalah penting karena kudeta militer atas pemimpin terpilih lewat demokrasi umumnya akan memicu sanksi ekonomi dan bantuan AS ke Mesir.


“AS adalah mitra strategis bagi Mesir dan stabilnya Mesir adalah penting bagi mereka,” kata Amr, seorang Mantan Menlu yang mengundurkan diri untuk pemerintahan Mursi pada Selasa, tapi tetap bertugas pada kementerian luar negeri Mesir, setidaknya sampai pemerintahan teknokratis interim baru terbentuk.

“Saya berharap bahwa mereka dapat membaca situasi dengan cara yang benar, bahwa ini bukan kudeta militer dengan cara apapun. Ini sebenarnya kehendak luar biasa dari rakyat.”

Kerry telah diyakinkan, Amr mengatakan, bahwa Mesir adalah sekutu strategis yang stabilitasnya sangat penting. Kerry juga menanyakan tentang hak asasi manusia dan mantan menteri luar negeri Mesir itu mengatakan tidak akan ada tindakan balas dendam terhadap Mursi dan Ikhwanul Muslimin nya.

Amr, diwawancarai di kantornya di Kementerian Luar Negeri di Kairo, mengatakan ia telah diberitahu banyak duta besar di Kairo dan berbicara melalui telepon dengan lebih dari selusin menteri luar negeri dunia dan sekjen PBB pada hari Kamis.

Dia mengatakan mengatakan kepada mereka:. “Apa yang terjadi bukanlah kudeta militer dan hari ini beberapa orang mengatakan hal lain. Tapi tentu saja, aku bisa mengerti Tapi apa yang terjadi, pasti, pasti, bukan kudeta militer… ”

Dia mengatakan langkah peralihan Presiden  itu didorong oleh demonstrasi rakyat besar-besaran pada hari Minggu melawan Mursi , dan telah menarik peran angkatan bersenjata untuk campur tangan dan menghentikan konstitusi Islam (yang telah dibahas parlemen).  Perlunya melangkah dengan memperhatikan peta jalan yang ditetapkan untuk menyelenggarakan pemilu baru, katanya

“Tidak ada peran politik apapun, untuk militer … Ini adalah kebalikan total dari kudeta militer.”Tutupnya.[eramuslim/www.al-khilafah.org]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.