Header Ads

Utang Nasional AS Ternyata 70 Trilyun Dolar

Sebuah studi terbaru oleh ekonom Amerika menyimpulkan bahwa utang federal ternyata lebih besar daripada jumlah yang secara resmi dikatakan pemerintah. Penelitian yang dilakukan oleh James D. Hamilton dari University of California, San Diego, mengatakan kewajiban pembayaran utang pemerintah AS adalah enam kali jumlah utang resmi atau sebesar 70 trilyun dolar.


“Utang federal AS telah meledak dalam beberapa tahun terakhir, tumbuh dari 5 trilyun dolar (atau 36% dari PDB) pada tahun 2007 menjadi sekitar 12 triyun dolar (72% dari PDB) pada akhir 2013,” kata Hamilton dalam sebuah kertas kerja untuk Biro Riset Ekonomi Nasional.

Namun jumlah utang 12 trilyun dolar utang federal tersebut hanyalah puncak gunung es karena angka itu tidak termasuk sejumlah komitmen dan kewajiban off-balance-sheet.

“Meski utang resmi yang dilaporkan hanya satu hal di mana kebijakan saat ini, namun telah meninggalkan beban bagi pembayar pajak di masa depan. Selain itu pemerintah telah membuat sejumlah komitmen implisit dan eksplisit yang tidak termasuk dalam angka hutang bersih yang telah mereka melaporkan, tapi berpotensi membutuhkan penyesuaian yang jauh lebih besar di masa depan atau pengeluaran pajak selain yang terkait dengan membayar bunga atas utang pemerintah itu sendiri.

Item terbesar dalam kategori ini berasal dari Jaminan Sosial serta jaminan kesehatan dan jika kebijakan saat ini dipertahankan, akan membutuhkan pengorbanan yang sangat besar dari pembayar pajak di masa depan.

Studi ini mengidentifikasi lima komitmen kunci off-balance-sheet termasuk dukungan untuk perumahan, jaminan pinjaman lainnya (termasuk program jaminan pinjaman federal di samping yang melibatkan perumahan seperti pinjaman untuk pendidikan, kredit usaha kecil pasca-sekolah tinggi dan pinjaman dari Ekspor-Impor Bank of Amerika Serikat), asuransi deposito, tindakan yang diambil oleh Bank Sentral, dan dana perwalian pemerintah.

Jumlah ini sangat besar bahkan sulit untuk membicarakannya dengan cara yang koheren. Tapi meskipun angka spesifik bisa diperdebatkan, ada realitas penting yang tak terbantahkan bahwa penduduk AS mengalami penuaan dan populasi yang menua berarti lebih sedikit orang yang membayar pajak.[fq/islampos/prtv] [www.al-khilafah.org]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.