Header Ads

Palestina dan Arab Saudi Rayakan Idul Fitri 8 Agustus

Bukan hanya di Asia Tenggara, sejumlah negara di Timur Tengah juga akan merayakan Hari Raya Idul Fitri pada Kamis 8 Agustus 2013. Salah satu negara yang menggelar Salat Id besok adalah Palestina.

"Segenap ulama Palestina di Jalur Gaza bekerja sama dengan majelis syuro dan Kementerian Perwakafan di Jalur Gaza Palestina memutuskan bahwa besok 8 Agustus 2013 akan diadakan salat Idul Fitri untuk wilayah Palestina," demikian pesan singkat yang diterima detikRamadan dari warga negara Indonesia yang menetap di Jalur Gaza, Abdillah Onim, Rabu (7/8/2013) malam.

Perayaan Idul Fitri besok juga akan dilaksanakan di Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA). Hari Rabu menjadi hari terakhir dari bulan Ramadan 1434 H.

Pemerintah UEA memutuskan Hari Raya Idul Fitri jatuh pada tanggal 8 Agustus 2013. Komite rukyah negara tersebut telah berhasil melihat hilal dalam proses pemantauan yang digelar sore tadi waktu setempat.

Komite rukyah yang diketuai Menteri Keadilan, Hadef Jua'an Al Daheri mengatakan setelah sejumlah pertimbangan yang kuat, sebagaimana juga komunikasi dengan beberapa negara tetangga, dapat dipastikan jika hari Rabu (7/8) adalah hari terakhir bulan Ramadan dan hari Kamis (8/8) adalah hari pertama bulan Syawal 1434 H.

"Hal itu menandakan Kamis (8/8) adalah Hari Idul Fitri di UEA," ujar Al Daheri seperti dikutip dari Gulf News, Rabu (7/8/2013) malam.

Al Daheri dan anggota komite lainnya kemudian mengucapkan selamat Idul Fitri kepada Pemimpin Tertinggi di negeri mereka, Shaikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan, Shaikh Mohammad bin Rashid Al Maktoum, Wakil Presiden dan Perdana Menteri UEA dan wali kota Dubai, Pangeran Abu Dhabi, dan Deputi Komandan Tertinggi dari angkatan UEA, serta seluruh rakyat dan umat muslim UEA.

Selain di UEA, Pemerintah Arab Saudi dan Kuwait juga menetapkan hal yang sama. Kedua negara tersebut mengumumkan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1434 H jatuh pada hari Kamis 8 Agustus 2013. Sementara Pemerintah Oman mengumumkan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1434 H di negara mereka jatuh pada hari Jumat 9 Agustus 2013. [DetikRamadhan/www.al-khilafah.org]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.