Header Ads

Ekonom IPB Serukan Perlunya Konsepsi Ulang Sistem Kepemilikan

Pakar ekonomi dari Institute Pertanian Bogor (IPB) Dr.  Ir. Rahmat Kurnia, M. Si, penyebab utama dari kemiskinan dan ketimpangan ekonomi yang berkembang saat ini adalah rusaknya sistem kepemilikan.


Kapitalisme yang membentuk sistem kepemilikan saat ini menjadi penyebab utama kacaunya sistem kepemilikan.

“Kapitalisme mengacak-acak sistem kepemilikan di dunia ini. Akibatnya banyak sekali sumber-sumber alam yang mestinya menjadi milik umum, dimiliki dan dikuasai oleh lembaga swasta,” tukas beliau dalam acara Forum Indonesia Terang yang digagas oleh LSM Badan Wakaf Al Qur’an dengan tema “Mengurai Pusaran Kemiskinan” di Kebayoran Baru, Jakarta. (11/10/2013).

Sebagai jalan keluar, Dr. Kurnia menawarkan konsep kepemilikan dalam syari’at Islam. Dengan memandang kepemilikan terhadap sesuatu atas seizin Allah SWT, Islam membagi kepemilikan atas tiga kelompok, yaitu kepemilikan pribadi, kepemilikan umum, dan kepemilikan negara, jelasnya.

Walau menghadapi hegemoni sistem kapitalisme, Dr. Kurnia menghimbau agar umat Islam tidak minder. “Kita harus menunjukkan komitmen yang tinggi terhadap syari’at islam dalam setiap transaksi ekonomi,” tutupnya. [eza/Islampos/www.al-khilafah.org]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.