Header Ads

Israel Paksa Imigran Dari Afrika Untuk Tinggalkan Negara Itu

Israel Paksa Imigran Dari Afrika Untuk Tinggalkan Negara Itu
Laporan HRW menuduh Israel telah menggunakan kebijakan yang melanggar hukum yang memaksa untuk mendeportasi hampir 7.000 pencari suaka dari Afrika, yang merupakan keturunan Yahudi.

Pihak berwenang Israel telah menerapkan kebijakan yang “melanggar hukum” untuk memaksa hampir 7.000 pencari suaka dari Afrika untuk meninggalkan Israel, sehingga menempatkan mereka pada risiko dipenjara dan disiksa setelah kembali ke negara asal mereka, menurut laporan terbaru Human Rights Watch, HRW.


Laporan itu, yang dikeluarkan pada hari Selasa, menemukan setidaknya 6.400 pencari suaka asal Sudan, dan 367 lainnya asal Eritrea, meninggalkan Israel untuk kembali ke negara asal mereka pada akhir Juni. Sebagai tempat bagi sekitar 50.000 pencari suaka asal Afrika, Israel hanya mengakui dua orang asal Eritrea dan satu orang asal Sudan.

“Kami telah mendokumentasikan bagaimana beberapa orang asal Sudan ditahan, diinterogasi, disiksa, dimasukkan ke dalam sel isolasi dan didakwa dengan tuduhan pengkhianatan karena mengunjungi Israel, sementara orang asal Eritrea mendapat penyiksaan oleh pejabat yang menganggap menghindari dinas militer nasional tidak terbatas sebagai pengkhianatan terhadap negara,” Gerry Simpson, seorang peneliti senior HRW pengungsi, mengatakan kepada Al Jazeera.

Saat berbicara kepada HRW, seorang pria berusia 32 tahun dari Darfur dikirim kembali dari Israel ke ibukota Sudan Khartoum pada bulan Februari 2014 “Saya tahu bahwa [Israel] akan menahan saya selama waktu yang tidak terbatas dan itu adalah bentuk penjara mental dan fisik, “katanya, sambil menjelaskan alasannya untuk meninggalkan negaranya.

Pria itu berkata ia ditahan selama delapan minggu di penjara Kober, termasuk 20 hari di sel isolasi, dan didakwa dengan pengkhianatan karena telah berada di Israel, merupakan kejahatan di bawah hukum Sudan. Pihak berwenang membebaskannya setelah keluarganya menjual tanah untuk membayar uang jaminan sebesar $ 40.000 katanya. “Mereka menyita paspor saya dan melarang saya dari perjalanan selama lima tahun.”

Mutasim Ali adalah salah satu pencari suaka asal Afrika yang saat ini berada di Holot, yang dapat menampung hingga 3.300 orang.

Sebagai seorang pemimpin komunitas Sudan di Israel dan Direktur Pusat Pembangunan Pengungsi Afrika (ARDC), Ali dipindahkan ke Holot beberapa bulan setelah puluhan ribu pencari suaka asal Afrika berbaris di Israel sambil menuntut hak yang lebih besar dan mengakhiri penahanan tanpa batas waktu.

Para pencari suaka yang ditahan di Holot harus check-in tiga kali dalam satu hari. Mereka dilarang bekerja di luar fasilitas, dan dikunci di malam hari. Pada akhir Juni, sedikitnya 1.000 pencari suaka Afrika meninggalkan pusat pengungsi Holot dan berbaris menuju perbatasan Israel dengan Mesir. Mereka mendirikan kamp protes dan menuntut diakhirinya penahanan, tetapi dengan cepat mereka diusir oleh polisi Israel dan kembali ke penjara. (Al Jazeera, 10/9/2014)

[www.al-khilafah.org]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.