Header Ads

Tak Peduli Rezim Brutal, Inggris Jual Senjata ke Mesir

Tak Peduli Rezim Brutal, Inggris Jual Senjata ke Mesir
Penjualan senjata Inggris ke Mesir mengorbankan “Hak Asasi Manusia”

Di tengah upaya diplomatik untuk memperkuat hubungan dengan Kairo, pemerintah Inggris dalam tiga bulan pertama tahun 2015, telah menyepakati penjualan senjata ke rezim Mesir senilai  “$ 76.3 juta.”

Penjualan itu termasuk lisensi militer yang disetujui untuk Mesir berupa “komponen untuk kendaraan tempur militer”, menurut angka yang dikeluarkan oleh pemerintah dan disusun oleh kelompok “Campaign Against Arms Trade.”


Penjualan itu merupakan peningkatan sebesar “3.000 persen” dalam nilai perdagangan senjata antara London dan Kairo, dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu.

Lisensi itu termasuk izin yang disetujui senilai “$ 12.98 juta” pada bulan Januari dan lisensi senilai “$ 63 juta” pada bulan Maret.

Kenaikan penjualan itu untuk menjaga hubungan ekonomi antara Perdana Menteri Inggris David Cameron dengan al-Sisi, yang diundang bulan lalu untuk mengadakan pembicaraan di Inggris, meskipun ada penentangan dan kecaman dari 32 anggota Parlemen Inggris atas catatan hak asasi manusia Mesir.

Peningkatan ukuran perdagangan militer antara kedua negara cukup kontroversial, karena catatan buruk hak asasi manusia Mesir, di mana tidak ada petugas militer yang diusut atas pembantaian di lapangan Rabi’ah, di mana 1.000 orang tewas pada tanggal 14 Agustus 2014.

Organisasi hak asasi manusia telah mengkritik keputusan pemerintah Inggris untuk meningkatkan perdagangan senjata dengan Mesir, dan mengecam lewat kampanye perdagangan anti-senjata pemerintah. (rassd.com, 9/8/2015) [htipress/www.al-khilafah.org]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.