Header Ads

Tiga Heli AS Jatuh, 14 Tewas

Paling sedikit 14 warga Amerika tewas karena tabrakan udara di Afghanistan, demikian menurut Angkatan Bersenjata Amerika Serikat.

Empat tentara Amerika tewas dan dua lainnya cedera ketika dua helikopter bertabrakan di udara di Afghanistan Selatan.

Dalam peristiwa lain, helikopter Amerika jatuh di propinsi Badghis di Afghanistan Barat. Tujuh prajurit Amerika dan tiga warga sipil Amerika tewas dalam peristiwa ini.

Pihak Amerika mengatakan ke dua insiden tidak disebabkan oleh tembakan musuh, akan tetapi pihak Taliban mengaku mereka lah yang menjatuhkan helikopter di Badghis.

Juru bicara Taliban Qari Yusuf Ahmedi mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa pasukan mereka menembak jatuh helikopter Amerika di distrik Darabam, propinsi Badghis.

Operasi narkoba

Peristiwa di Badghis juga menyebabkan 12 warga Amerika dan 14 warga Afghanistan cedera.

Kolonel Wayne Shanks, juru bicara pasukan yang dipimpin NATO di Afghanistan, mengatakan pihaknya masih menyelidiki insiden di Badghis tetapi dia yakin bahwa helikopter itu tidak jatuh karena aksi musuh.

Dia mengatakan helikopter itu jatuh ketika pasukan sedang meninggalkan daerah tersebut setelah melakukan operasi anti perdagangan narkoba dan membunuh 14 orang musuh.

Dia mengatakan helikopter itu jatuh setelah terbang meninggalkan daerah operasi.

Tiga orang sipil yang tewas adalah petugas badan anti narkoba Amerika, DEA.

Kantor berita Associated Press mengatakan sejak DEA mulai beroperasi di Afghanistan pada tahun 2005, baru kali ini petugasnya meninggal dunia. (bbc/hti)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.