Header Ads

Rusia Dan India Tanda Tangani Perjanjian Nuklir

Moskow - Presiden Rusia, Dmitry Medvedev dan perdana menteri India, Manmohan Singh, telah menandatangani sebuah perjanjian untuk bekerja sama dalam penggunaan teknologi nuklir yang ramah.

Pada saat mengadakan pembicaraan di Moskow pada Senin (7/12), kedua pemimpin setuju untuk melegalkan peningkatan ekspor bahan bakar atom Rusatom milik Rusia pada India.

Sergei Kiriyenko, CEO Rosatom, pihaknya juga akan membangun beberapa reaktor nuklir baru di India, tetapi tidak memberi rincian lebih lanjut.

Perjanjian energi nuklir hanyalah salah satu dari kesepakatan yang diperkirakan akan ditandatangani oleh Singh selama dua hari perjalanannya ke Moskow.

Kontrak Senjata

India merupakan salah satu pembeli senjata Rusia terbesar, dan saat ini Singh sedang memesan helikopter, rudal, dan pesawat tempur seharga miliaran dolar.

India baru-baru ini melindungi lisensi produksi untuk tank T-90 dan kontrak penyediaan pesawat Rusia dengan misil Brahmos.

Kedua negara tersebut saat ini sedang mengembangkan pesawat tempur supersonik modern, yang setara dengan pesawat tempur siluman Raptor milik AS. (althaf/alj/armh)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.