Header Ads

Pasukan NATO Tembaki Bus Penumpang Afghanistan, 4 Warga Sipil Tewas

Kabul - Pasukan asing menembaki sebuah bus di Afghanistan selatan hari ini. Akibatnya, empat warga sipil tewas dan 18 orang lainnya luka-luka.

"Konvoi militer asing menembaki sebuah bus penumpang dan menewaskan empat warga sipil dan melukai 18 lainnya," kata Zalmai Ayoubi, juru bicara untuk gubernur provinsi Kandahar seperti diberitakan kantor berita Reuters, Senin (12/4/2010).

Dikatakan Ayoubi, insiden itu terjadi di distrik Zhari, di sebelah barat Kandahar. Juru bicara pasukan internasional NATO mengaku tahu soal insiden tersebut. Tim gabungan NATO-Afghanistan telah dikirimkan ke lokasi untuk menyelidiki kejadian itu.

Berita mengenai jatuhnya korban jiwa akibat serangan pasukan NATO merupakan isu sensitif di negeri itu. Presiden Hamid Karzai bahkan telah beberapa kali mengingatkan pasukan NATO untuk menghindari jatuhnya korban jiwa.

Kejadian ini terjadi kurang dari sepekan setelah NATO mengumumkan telah memulai investigasi guna menyelidiki apakah pasukannya telah menewaskan empat warga sipil dalam serangan udara di Provinsi Helmand. Korban tewas terdiri dari dua wanita, seorang anak dan seorang pria lanjut usia.

Belum lama ini, NATO juga telah mengakui pasukannya telah menewaskan lima warga sipil Afghan, termasuk tiga wanita, saat penyerbuan ke sebuah rumah pada Februari lalu.(detik.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.