Header Ads

Pejabat Tinggi NATO: Taliban Kekuatan yang Harus Diperhitungkan

Pejabat tinggi NATO, Mark Sedwill mengakui Taliban adalah kekuatan yang harus dan layak diperhitungkan, ia juga menambahkan bahwa kondisi Afghanistan yang stabil adalah kunci bagi keamanan negara Pakistan.

Perwakilan senior sipil NATO di Afghanistan tersebut, dalam kunjungan dua-harinya ke Pakistan, pada hari Selasa kemarin (4/5) mengatakan bahwa perlu adanya upaya mempromosikan hubungan politik dan bilateral antara kedua negara untuk memelihara perdamaian di wilayah Pakistan-Afghanistan.

Taliban telah mendominasi di beberapa wilayah bagian tertentu dari Afghanistan, kata Sedwell. Dia menegaskan bahwa serangan musim panas akan diintensifkan secara bertahap di Kandahar, wilayah yang telah menjadi medan perang utama sejak invasi pimpinan Amerika pada tahun 2001, katanya kepada wartawan.

Eskalasi konflik di Afghanistan selatan telah membawa sebuah peningkatan ketegangan antara pasukan asing dan warga sipil Afghanistan. Amerika Serikat dan NATO saat ini berada di bawah kecaman dari kedua belah pihak baik pemerintah Afghanistan dan masyarakat Afghan sendiri terkait banyaknya jatuh korban sipil dalam operasi militer NATO, kata pejabat NATO itu.

Mengomentari kunjungan dua harinya ke Pakistan, Mark Sedwill berkata, "Saya akan memanggil para pejabat pemerintah Pakistan untuk membahas isu-isu politik yang berkaitan dengan peran NATO di Afghanistan."

Dia menyatakan bahwa dirinya akan berbicara dengan para pejabat Pakistan agar menemukan cara-cara terbaik untuk mencapai kondisi stabil dan aman di Afghanistan.(fq/prtv/eramuslim.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.