Header Ads

Pejuang Suriah Kuasai Kota Raqqa Dan Hancurkan Patung Hafez Al-Assad

Pasukan oposisi Suriah pada hari Senin kemarin (4/3/2013) menguasai kota timur laut Suriah Raqqa. Di sana mereka berhasil menangkap dua pejabat keamanan senior Suriah serta meruntuhkan patung Hafez al-Assad, ayah diktator yang saat ini berkuasa.


“Ini adalah ibukota provinsi pertama di Suriah di mana pejuang oposisi berhasil membuat kemajuan yang berarti. Mereka sekarang memiliki kontrol total terhadap kota Raqqa, kecuali untuk beberapa posisi rezim, termasuk kantor keamanan militer dan markas partai Baath,” kata Rami Abdel Rahman, direktur Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, kepada AFP.

Menurut Observatorium, mujahidin dari Jabhah Al-Nusra bersama kelompok pejuang lainnya melakukan pertempuran hebat untuk merebut kota strategis tersebut yang terletak di sungai Efrat dekat perbatasan Turki.

Di Raqqa, pejuang dan warga menghancurkan patung Hafez Al-Assad ayah dari Bashar Al-Assad, menurut rekaman video amatir yang didistribusikan oleh aktivis.

Observatorium melaporkan juga bahwa seorang kepala polisi tewas dan dua pejabat keamanan senior Suriah ditangkap oleh pejuang oposisi.

Raqqa dulunya rumah bagi 240.000 warga, tetapi sebanyak 800.000 orang terpaksa mengungsi menghindari kekerasan yang terjadi dengan mencari perlindungan di wilayah lain yang belum terkena dampak konflik.

Dalam beberapa pekan terakhir, pejuang oposisi berhasil memotong semua rute pasokan tentara Suriah yang mengarah ke kota dan meningkatkan serangan ke pos-pos pemeriksaan dan posisi rezim lainnya.(fq/islampos/alarabiya)[www.al-khilafah.org]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.