Header Ads

Taliban Kuasai Kabupaten di Provinsi Nuristan Afghanistan Timur

Kabul - Pihak berwenang Afghanistan mengakui jatuhnya Kabubaten Bergimital di provinsi Nuristan, Afghanistan timur ke tangan pejuang Taliban.

Kabupaten tersebut kira-kira memiliki luas 100 Km/2 dan meliputi 500 desa, sebagaimana dikatakan oleh sebuah sumber.

Gubernur wilayah tersebut Jamal El Din Badar mengatakan kepada Al-Jazeera bahwa pasukan Afghanistan menerapkan strategi menarik mundur dari kabubaten terdekat dengan perbatasan Pakistan dan pertempuran akan terus berlangsung untuk merebutnya kembali,namun juru bicara Taliban mengatakan bahwa wilayah itu sekarang berada di bawah kontrol penuh pejuang Taliban.

Koresponden Al-Jazeera melaporkan sebelumnya bahwa Taliban terus menguasai Bergimital sejak fajar hari Sabtu ini.

Bergimital merupakan lokasi bentrokan antara pasukan rezim pemerintah dan pejuang Taliban selama empat hari terakhir, dan mulai jatuh setelah pejuang Taliban menguasai beberapa kabupaten yang berdekatan.

Serangan lain

Sementara itu, pejuang Taliban melancarkan serangan terhadap sebuah konvoi pasokan dan bahan bakar untuk pasukan asing di kota Jalalabad.

Menurut juru bicara Kementrian Dalam Negeri Afghanistan,dua tank terbakar habis, dan dua sopir tewas dalam serangan itu.

Jurubicara Taliban mengklaim bertanggungjawab atas operasi tersebut, dan mengatakan bahwa seorang prajurit asing juga tewas dalam serangan itu.

Di sisi lain Biro Associated Press menukil bahwa jumlah prajurit AS yang tewas di Afghanistan mencapai seribu orang sejak invasi AS ke negara ini pada tahun 2001.

Biro ini mencatat bahwa statistik ini berdasarkan laporan dari Kementrian Pertahanan berkaitan dengan korban yang tewas dalam konflik Afghanistan secara langsung, yang melibatkan prajurit yang tewas dalam unit yang terletak di wilayah Pakistan dan Uzbekistan.

(ar/aljazeera/voa-islam.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.