Header Ads

Rabbi Asal Israel Kunjungi Sulut

Gaung Komunitas Yahudi Sulawesi Utara (KYS) ternyata menarik perhatian sejumlah kalangan, tak terkecuali Rabbi Jonathan asal Israel. Bahkan untuk membuktikan eksistensi Komunitas Yahudi Sulut dan keberadaan synagogue Ohel Yaakov di Tondano, Rabbi Jonathan rela datang langsung dari Israel.

Kedatangan Rabbi Jonathan secara mendadak hari Ahad (27/3) lalu, jelas mengagetkan anggota dan pengurus Komunitas Yahudi Sulut.

Apalagi, dirinya sebelum ke synagogue Tondano, berkunjung terlebih dahulu ke rumah Yaakov Baruch.

Jonathan dilayani oleh salah satu anggota KYS, Oral Bollegraf, dan didampingi penerjemahnya menyatakan kekagumannya atas kegigihan sejumlah anggota KYS yang terus memelihara tradisi Judaisme.

“Saya kagum, sebab saya sama sekali tidak menyangka anggota KYS ternyata terus memelihara tradisi Judaisme. Ini terlihat dengan lengkapnya library atau kepustakaan standar Yeshiva (seminar Yahudi) dan koleksi Judaica (peralatan ritual agama Yahudi baik di rumah Yaacov Baruch dan Synagogue Tondano,” tukas Rabbi Jonathan.

Bahkan Rabbi Jonathan menyatakan synagogue Ohel Yaacov di Tondano sangat sesuai dengan standar Halacha (Hukum Agama Yahudi).

Lebih menarik lagi, Rabbi Jonathan mengatakan, dirinya tahu keberadaan KYS berdasarkan pemberitaan Harian Komentar yang dikutip oleh The New York Times dan berita TV Israel, TV Prancis dan akhirnya melakukan investigasi langsung ke Manado. (hidayatullah.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.