Header Ads

Siap Dilaporkan Dhani, Rizki Mengaku Tenang

Kiriman bom buku yang menimpa bos Republik Cinta Management (RCM) Ahmad Dhani, yang juga pentolan Band Dewa membuatnya pitam.

Ia menuding budayawan Betawi Ridwan Saidi dan penulis buku “Fakta dan Data Yahudi di Indonesia” Rizki Ridyasmara seolah ikut bertanggung jawab. Menurut Dhani, kiriman bom ke rumahnya itu dinilai akibat munculnya buku yang telah menudingnya sebagai agen Zionis dan Yahudi.

Karenanya, Dhani menyatakan akan ke kantor polisi untuk melaporkan Ridwan Saidi dan Rizki Ridyasmara, sang penulis buku tersebut.

“Gara-gara buku itu banyak orang yang termakan isu kalau saya agen Yahudi. Dari judulnya saja, buku itu sangat provokatif. Padahal saya Surabaya militan,” ujarnya dikutip Postkota Online, Jumat, (18/3) pagi. Dalam buku terbitan Alkausar pada 2008 itu, nama Dhani disebut-sebut sebagai salah satu keturunan Yahudi di Indonesia.

Sementara itu, Rizki Ridyasmara, sang penulis mengaku santai melihat reaksi berlebihan musisi asal Surabaya tersebut.

“Saya sih wait and see saja,” ujarnya saat dihubungi hidayatullah.com, Jumat (18/3) siang.

Menurut Rizki yang juga wartawan ini, ia menulis buku itu berdasarkan referensi ilmiah. Seharusnya dijawab secara ilmiah.

“Itu kan buku ilmiah, harusnya dijawab dengan buku sama secara ilmiah, “tambahnya. Lagi pula, menurutnya, ia menulis buku itu bukan tujuan untuk mengajak orang membunuh. Dan tak ada dalam tulisannya mengajak orang meneror apalagi membunuh.

Rizky menjelaskan, buku itu sebenarnya merupakan kumpulan tulisan yang pernah dimuat di salah satu majalah yang mengambil data serta mengambil nara sumber budayawan Betawi dan pengamat Yahudi, Ridwan Saidi.

Sambil berseloroh, Rizki bahkan mengatakan bersiap-siap cetak ulang buku yang sekarang sedang dipromosikan Ahmad Dhani.

“Sekalian ikut numpang, masih ngebahas cetak ulang, “ ujarnya sambil tertawa.

Suka Simbol

Setelah kantor Jaringan Islam Liberal (JIL), Utan Kayu, kiriman bom rupanya juga sedang diarahkan ke rumah Ahmad Dhani sekaligus markas Republik Cinta Manajemen (RCM) di Jalan Pinang Mas III E1-E2, Jakarta Selatan.

Paket tersebut, terbungkus rapi dalam sebuah amplop besar coklat tertulis lengkap nama dan alamat sang pengirim, Alamsyah Mochtar S.Sos, dengan alamat di Jalan Dramaga 21, Bogor, Jawa Barat.

Sang pengirim berpura-pura ingin meminta Dhani mengomentari buku yang dikirim dengan judul “Yahudi Militan”. Menariknya, buku berjudul “Yahudi Militan” terserbut bergambar sosok Dhani.

Sebelum ini, bos salah satu grup musik papan atas di Indonesia itu pernah diisukan konsisten menyebarkan simbol-simbol Yahudi di beberapa albumnya.

Sementara itu, mantan istri Dhani, Maia Estianty menolak jika mantan suaminya itu adalah Yahudi. Menurutnya, banyak orang tak paham betul sosok Ahmad Dhani.

Meski demikian ia tak menampik jika, Dhani senang simbol-simbol.

"Dia orangnya sangat senang dengan simbol-simbol. Kalau dia senang simbol, ya dia pakai, ya begitu. Tapi itu bukan menjadi bagian diri dia. Itu buat gaya-gayaan saja," terang Maia inilah.com, Jumat, (18/3).

Ridwan Saidi Tak Takut Dilaporkan Ahmad Dhani

Budayawan Betawi Ridwan Saidi tidak takut dilaporkan musisi Ahmad Dhani ke Kepolisian, terkait buku yang ditulis olehnya yang berjudul "Fakta dan data Yahudi di Indonesia" yang ikut mengaitkan nama Ahmad Dhani memiliki hubungan dengan Yahudi di Indonesia.

"Laporin aje, saya gak takut," ujarnya singkat.

Ia berpendapat, masalah pelaporan itu adalah hak musisi Ahmad Dhani, dia tidak mempersoalkan pelaporan tersebut.

"Iye laporin aje, itu hak die, ga ape-ape," tegas mantan anggota MPR-RI ini mengulangi sikapnya saat dihubungi hidayatullah.com Jum'at siang (18/3) di Jakarta.

Menurutnya, suatu hal yang aneh Ahmad Dhani melaporkan buku yang dikarangnya bersama Rizky Ridyazmara, ketika baru saja terkena teror bom, padahal menurutnya buku tersebut sudah cukup lama diterbitkan dan beredar di masyarakat.

"Buku itu kan sudah lama, kok baru die laporin sekarang?," ujar Ridwan.

Ketika ditanyakan apakah ingin menuntut balik, dengan diplomatis beliau menyatakan akan melihat dulu perkembangan, karena menurutnya Ahmad Dhani belum melaporkannya.

"Die belum nuntut, kok nuntut balik? Nanti aje kalo die ude nuntut," jawab Ridwan dengan gaya khas Betawi.

Selanjutnya, Ridwan Saidi belum ingin terlalu jauh berkomentar Ahmad Dhani pun belum melakukan tuntutan resmi. Ridwan juga tidak ingin menduga-duga, sehingga akan memberi keterangan yang tidak tepat.

"Liat nanti aje, kalo die belum nuntut, nanti media ente jadi media nujum, ngira-ngira aje," tandasnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Ahmad Dhani menyatakan akan melaporkan Ridwan Saidi dan Rizki Ridyasmara, penulis buku "Fakta dan Data Yahudi di Indonesia" pada pihak Kepolisian karena dianggap menjadi salah satu faktor mengapa ia menjadi sasaran teror bom buku yang dikirimkan ke rumahnya yang juga sekaligus markas Republik Cinta Manajemen (RCM) di Jalan Pinang Mas III E1-E2, Jakarta Selatan. (hidayatullah.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.