Header Ads

540 Tahanan Taliban Berhasil Melarikan Diri dari Penjara di Kandahar

Setidaknya 540 pejuang Taliban, termasuk 106 komandan Taliban, telah melarikan diri dari penjara pusat Kandahar di Afghanistan selatan, seorang pejabat mengatakan.

Menurut juru bicara Taliban Qari Yusuf Ahmadi, 541 tahanan Taliban berhasil melarikan diri dari penjara Kandahar Senin dini hari (25/4). Dia mengatakan 106 dari mereka adalah komandan kunci Taliban, seorang koresponden Press TV melaporkan.

Para tawanan telah menggali terowongan sepanjang 360 meter di bawah tanah penjara, yang mereka selesaikan selama enam bulan, kata juru bicara Taliban tenpa menjelaskan lebih lanjut.

"Para tahanan menggali terowongan sepanjang 360 meter ke arah selatan penjara," kata Ahmadi.

"Mereka mulai melarikan diri dari penjara pukul 11.00 malam waktu setempat dan pagi dini hari ini, 541 tahanan berhasil melarikan diri penjara," tambahnya.

"Mereka semua telah berhasil merlarikan diri dengan amandan tidak ada pertempuran yang terjadi," ia melanjutkan mengatakan.

Direktur penjara membenarkan bahwa para pejuang Taliban berhasil melarikan diri.

Kantor Gubernur provinsi Kandahar mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa sejumlah tahanan telah melarikan diri tanpa memberikan angka yang pasti. Pencarian saat ini sedang, pernyataan tersebut menambahkan.

Pejabat pemerintah lokal, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan bahwa mereka hanya berhasil menangkap delapan orang tahanan Taliban yang sempat melarikan diri.

Taliban mengklaim bahwa langkah itu telah direncanakan dan kenderaan Taliban telah menunggu para tahanan di ujung terowongan.

Sebelumnya pada tahun 2008, sekitar 1.000 tahanan, termasuk pejuang Taliban, berhasil melarikan diri dari penjara Kandahar setelah Taliban menggunakan bom truk untuk membuka pintu gerbang penjara. (fq/prtv/eramuslim.com)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.