Header Ads

Pejabat Partai Komunis Cina di Xinjiang Bersumpah Basmi "Teroris" Uighur

Pejabat di propinsi Xinjiang Cina menyerukan adanya tindakan keras terhadap 'teroris' dan 'ekstremis agama setelah serangkaian serangan mematikan terjadi, pemerintah provinsi wilayah itu mengatakan Senin hari ini (8/8).

Zhang Chunxian, kepala Partai Komunis China Xinjiang, adalah tokoh senior terbaru yang bersumpah tidak akan memberi ampun bagi pengacau di provinsi barat jauh Xinjiang, di mana para pejabat menyalahkan militan Islam yang menyebabkan terjadi kekerasan baru-baru ini di sana.

Dua serangan mematikan di akhir Juli menewaskan sedikitnya 14 orang dan 42 lainnya luka-luka di kota Kashgar.

"Dalam rangka untuk tegas mengekang serentetan aksi teroris ... kami haris mengerahkan tekanan tertinggi dalam upaya penumpasan terhadap teroris," kata Zhang dalam sebuah pidato kepada para anggota partai pada hari Jumat lalu, menurut situs pemda Xinjiang.

Pada awal Agustus pasukan keamanan Cina menyerbu pusat Kashgar, beberapa hari setelah kekerasan yang menyorot ketegangan etnis di wilayah Muslim Uighur itu.

Dalam serangan, dilaporkan penyerang etnis Uighur - minoritas di Xinjiang - menyerbu sebuah restoran, menewaskan pemilik dan pelayan, kemudian memukul empat orang sampai mati di sebuah jalan di dekatnya.

Muslim Uighur di Xinjiang, daerah yang menyumbang seperenam dari daratan negara itu dan memiliki deposito minyak dan gas, telah lama membenci kehadiran kontrol etnis Han Cina terhadap agama serta politik yang diberlakukan oleh Beijing.

Zhang juga menyerukan untuk mengekang "aktivitas agama yang ilegal" dan fokus pada menjaga stabilitas, tanpa merinci lebih lanjut.(fq/reu/eramuslim)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.