Header Ads

Taliban: Helikopter ke-2 NATO Berhasil Ditembak Jatuh, 33 Tentara AS Tewas

Sebuah helikopter kedua milik pasukan koalisi NATO pimpinan AS telah jatuh di Provinsi Paktia di Afghanistan timur, menewaskan 33 pasukan AS yang ada di dalamnya.

Juru Bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengklaim bertanggung jawab atas kecelakaan itu, yang terjadi di kota Zarmat pada hari Senin kemarin (8/8), sembari mengatakan 33 tentara Amerika tewas, seorang koresponden Press TV melaporkan pada Senin.

Secara terpisah, helikopter NATO yang lain melakukan pendaratan keras di daerah yang sama di provinsi Paktia timur Minggu malam, saksi mata dan pejabat Afghanistan mengatakan kepada Press TV.

Pimpinan pasukan NATO telah mengepung tempat kejadian, kata saksi mata menjelaskan.

Insiden itu dilaporkan telah menyebabkan beberapa korban, tetapi belum ada jumlah yang tepat dari korban terbunuh atau terluka.

Penyebab utama insiden tersebut belum jelas.

Sementara itu, pimpinan aliansi mengeluarkan pernyataan dan menegaskan bahwa helikopter melakukan pendaratan darurat bukan ditembak jatuh. Pernyataan itu mengatakan tidak ada yang terluka dan mereka telah meluncurkan penyelidikan atas insiden tersebut.

Insiden itu terjadi setelah kejadian serupa pada hari Sabtu lalu, yang menelan korban jiwa dari 31 pasukan AS.

Taliban mengaku bertanggung jawab atas kecelakaan helikopter pada hari Sabtu, namun NATO mengatakan mereka tengah memulai penyelidikan atas insiden tersebut.(fq/prtv/eramuslim)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.