Header Ads

"Israel Siap Bebaskan 1000 Tahanan Palestina Demi Gilad Shalit"

Israel siap untuk membebaskan 1.000 tahanan Palestina demi pembebasan Gilad Shalit, menurut ayah prajurit Israel yang ditawan oleh pejuang Palestina tersebut. Noam Shalit Kamis kemarin (8/9) juga menuntut bahwa setiap suara PBB mengenai negara Palestina harus dikaitkan dengan pembebasan anaknya.

Noam Shalit menunjukkan bahwa banyak tahanan Palestina yang ditahan oleh Israel karena sengketa dengan Hamas atas anaknya, yang anaknya tersebut ditangkap oleh orang-orang bersenjata dari Hamas dan dua kelompok pejuang Palestina lainnya pada tanggal 25 Juni 2006.

"Israel siap untuk membebaskan 1.000 tahanan Palestina dalam pertukaran untuk anak saya. Jadi Israel tidak meminta Gilad secara gratis," kata Noam Shalit kepada wartawan pada akhir kunjungan ke kantor PBB untuk melobi duta besar.

Usulan pertukaran tawanan dibuat oleh mediator Jerman untuk Israel dan Hamas pada bulan Februari lalu, namun Noam Shalit mengatakan pihak Palestina menolak hal ini.

"Setelah kesepakatan akan dilakukan, mudah-mudahan segera, Israel akan dengan senang hati untuk membebaskan banyak tahanan Palestina lainnya yang dari sudut pandang saya hal itu sudah tidak relevan lagi," tambah ayah Shalit sembari menjelaskan pentingnya Israel membebaskan anaknya.

Sang ayah mengatakan ia telah berbicara dengan duta besar beberapa negara di PBB untuk mendesak bahwa setiap suara terkait negara Palestina di Majelis Umum PBB termasuk kondisi pembebasan Gilad Shilat.(fq/afp/eramuslim)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.