Header Ads

Salah Sasaran, Jet Tempur Pemerintah Yaman Malah Tewaskan Puluhan Tentara

Sebuah pesawat tempur pemerintah membom posisi tentara di Yaman selatan, menewaskan setidaknya 30 tentara yang terlibat dalam pertempuran sengit melawan anggota al-Qaidah, kata pejabat Yaman hari Minggu kemarin (2/10).

Serangan tampaknya merupakan kesalahan, tetapi para tentara yang diserang dilaporkan berasal dari unit yang telah membelot dan bergabung dengan pengunjuk rasa yang menuntut pemecatan presiden Yaman, sehingga insiden ini menimbulkan pertanyaan apakah pengeboman itu telah disengaja.

"Pemerintah Yaman dan unit pembelot militer keduanya menganggap al-Qaidah cabang Yaman sebagai musuh. Lawan politik presiden, bagaimanapun menuduh pemerintah rezim Saleh sengaja membiarkan militan Islam untuk menguasai beberapa kota di Yaman selatan awal tahun ini dalam upaya untuk memicu kekhawatiran di Barat bahwa tanpa Saleh berkuasa, Al-Qaidah akan mengambil alih Yaman.

Serangan udara, yang berlangsung pada Sabtu malam lalu di provinsi Abyan, menargetkan sebuah sekolah yang ditinggalkan yang digunakan sebagai tempat berlindung oleh tentara dari Brigade 119 yang memerangi pejuang al-Qaidah, militer dan pejabat medis mengatakan. Brigade diperkirakan telah menerima dukungan yang signifikan dari militer AS untuk memungkinkan mereka memerangi para militan di selatan dengan lebih efektif.

Sekolah ini terletak di sebelah timur ibukota provinsi Abyan itu, Zinjibar, yang dikuasai bulan Mei lalu oleh militan Islam dengan mengambil keuntungan dari kekacauan politik Yaman untuk memperluas jangkauan kekuasaan mereka.

Setelah serangan udara itu, militan memeriksa lokasi penyerangan dan membunuh tentara yang terluka oleh bom, para pejabat militer mengatakan, berbicara dengan syarat anonim karena mereka tidak berwenang untuk melepaskan informasi kepada media.(fq/ap/eramuslim)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.