Header Ads

Meski Sering Langgar HAM, AS Tetap Dukung Milisi Lokal Afghanistan

Kepala Komando Operasi Khusus AS di Afghanistan mendukung perluasan program milisi setempat yang sering dituduh melakukan pelanggaran hak asasi manusia di negeri ini.

Laksamana William McRaven mengatakan pada kunjungan akhir pekannya ke Kabul wa bahprogram yang disebut Polisi Afghanistan lokal akan diperluas pada saat pasukan NATO pimpinan menarik diri keluar dari negara itu, The Wall Street Journal melaporkan.


Amerika Serikat telah melatih hampir 10.000 pejuang lokal di 55 kabupaten di Afghanistan sejak program kontroversial tersebut dimulai tahun lalu.

Kolonel John Evans, Wakil Kepala Komando Pasukan Gabungan Operasi Khusus Komponen di Afghanistan, mengatakan jumlah ini akan meningkat tiga kali lipat selama dua tahun ke depan.

Sementara itu Presiden Afghanistan Hamid Karzai menentang perluasan kelompok milisi karena khawatir mereka bisa menjadi masalah baru.

Kelompok HAM menuduh milisi lokal melakukan pelanggaran HAM berat termasuk pembunuhan penduduk sipil, memperkosa wanita dan secara paksa merekrut anak-anak.

Pekan lalu, Dewan Pengungsi Norwegia dan Kantor Penghubungnya memperingatkan bahwa pelanggaran HAM kelompok milisi telah mendorong peningkatan jumlah warga Afghanistan yang melarikan diri komunitas mereka.(fq/prtv/eramuslim)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.