Header Ads

Radar Antirudal di Kaliningrad Beroperasi 2014

Stasiun radar antirudal Rusia yang dipasang di Kaliningrad—wilayah Rusia di Baltik, akan beroperasi penuh pada pertengahan 2014. Fasilitas ini dipasang untuk melawan ancaman sistem pertahanan rudal yang dipasang AS dan NATO di Eropa.



Demikian dinyatakan Menteri Pertahanan Rusia Anatoly Serdyukov dalam wawancara dengan surat kabar Rossiiskaya Gazeta, Jumat (16/12/2011). "Menurut estimasi kami, dibutuhkan waktu sekitar satu setengah tahun sampai fasilitas itu beroperasi penuh," tutur Serdyukov, seperti dikutip kantor berita RIA Novosti.

Fasilitas ini dibuka akhir November lalu. Upacara pembukaan fasilitas itu dihadiri langsung Presiden Rusia Dmitry Medvedev, yang beberapa waktu lalu menyatakan Rusia akan menggelar sistem radar dan rudal jelajah untuk melawan rencana program perisai rudal Eropa.

Saat beroperasi penuh nanti, sistem radar di Kaliningrad ini mampu memonitor 500 sasaran sekaligus yang tersebar hingga radius 6.000 kilometer secara simultan. Selain memasang radar canggih itu, Kementerian Pertahanan Rusia juga berencana memasang sistem rudal anti-serangan udara S-400.(kompas)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.