Header Ads

Erdemovic Jelaskan Aksinya Bantai 1.000 Muslim Srebrenica di Pengadilan ICC

Seorang saksi penuntut dalam pengadilan perang terhadap pemimpin Serbia Bosnia Radovan Karadzic di depan Mahkamah Kejahatan Internasional menjelaskan secara rinci pada Selasa lalu bagaimana ia ikut ambil bagian dalam pembunuhan lebih dari 1.000 Muslim di timur kota Srebrenica pada Juli 1995.



Saksi, Drazen Erdemovic, seorang Kroasia yang berperang dengan pasukan Serbia Bosnia selama perang 1992-1995, mengatakan ia dan tujuh tentara Serbia membunuh antara 1.000 hingga 1.200 Muslim di sebuah peternakan di desa Pilice pada pertengahan Juli 1995.

Erdemovic mengatakan kelompoknya dibawa ke lokasi eksekusi oleh seorang "letnan kolonel Serbia berbadan tinggi dan gemuk", yang namanya ia tidak ketahui, dan mengatakan kepada mereka bahwa semua pria muslim Srebrenica yang ditawan dan dibawa dengan bus ke Pilice harus dibunuh.

Erdemovik mengatakan para tahanan menggunakan pakaian sipil, beberapa mata mereka tertutup dan tangan terikat.

Mereka kemudian dibawa dalam sepuluh kelompok dan dieksekusi oleh Erdemovic dan anak buahnya.

Antara 15 hingga 20 bus tiba di Pilice dan eksekusi berlangsung dari sekitar pukul sepuluh pagi hingga jam 3 sore, ketika regu tembak yang lain mengambil alih, Erdemovic mengatakan kepada pengadilan.

Erdemovic mengatakan ia dan algojo lainnya kemudian menerbitkan dokumen palsu setelah eksekusi untuk menyembunyikan identitas mereka. Namun ia ditangkap di Serbia pada tahun 1996, setelah ia mengungkapkan pembantaian kepada seorang wartawan Amerika dan dibawa ke pengadilan Den Haag.

Dia mengaku bersalah dan dalam kesepakatan dengan jaksa dirinya dijatuhi hukuman lima tahun penjara. Sementara itu, ia telah bersaksi terhadap enam terdakwa lain di pengadilan.(fq/aki/eramuslim/010312)[al-khilafah.org]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.