Header Ads

Suriah Akan Jadi Afghanistan Berikutnya

Kepala Staf Gabungan Militer AS Jenderal Martin Dempsey menyatakan bahwa Suriah akan jadi Afghanistan selanjutnya. Pernyataan itu ia lontarkan dalam wawancara dengan al-Hurra, stasiun televisi berbahasa Arab, dan seperti dikutip dari presstv.



Dempsey sendiri berada di Afghanistan dalam kunjungan mendadaknya. Ia juga mengatakan sangat mengkhawatirkan Suriah akan jatuh ke dalam konflik yang lebih luas, yang akan memakan waktu bertahun-tahun.

Konflik politik di dalam negeri Suriah merebak sejak Maret 2011. Sejauh ini, sekitar 60.000 orang tewas sudah di negeri ini, dengan hampir setengahnya adalah anak-anak dan wanita.

Pemerintah Suriah menuding negara-negara Barat terlibat dalam memperkeruh situasi di Suriah, dan kelompok oposisi yang sekarang beroperasi di Suriah banyak yang berkewarganegaraan asing.

Presiden Suriah Bashar al-Assad dalam wawancara dengan stasiun televisi Turki mengatakan, jika pasukan oposisi yang didukung asing berhasil mengambil alih pemerintahan Suriah yang sah, akan berpengaruh pada situasi di Timur Tengah secara menyeluruh.

“Jika konflik Suriah berakhir dengan perpecahan di negeri ini, atau jika kekuatan teroris yang mengambil alih pemerintahan di Suriah, siatusi ini akan berdampak pada negara-negara tetangga Suriah, dan akan menimbulkan efek domino ke seluruh Timur Tengah,” ujar Assad. [sa/islampos/presstv][www.al-khilafah.org]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.