Header Ads

Tentara Bashar Al Assad Pukul Mundur Oposisi Suriah Di Otaybah, Damaskus


Setelah lima minggu pertempuran, pasukan pemerintah Suriah akhirnya merebut kota Otaybah dekat Damaskus. Hasil perang ini membuat tentara pemerintah memotong sebuah rute senjata untuk Pejuang Oposisi Suriah. Kamis (25/04/2014).


Otaybah terletak di jalan yang menghubungkan Damaskus dengan pinggiran timur Damaskus yang dikenal sebagai Timur Ghouta. Pejuang oposisi telah menggunakan jalur tersebut untuk mengangkut senjata dan perlengkapan lainnya ke ibukota.

Kekalahan di kota Otaybah ini merupakan sebuah kemunduran bagi para pejuang Suriah. Sementara Bashar Al Assad terus mengerahkan pasukan ke pinggiran kota. Baik dengan serangan darat maupun serangan udara.

Rami Abdul Rahmad, Direktur Syrian Observatory for Human Rights membenarkan bahwa tentara Bashar telah merebut kota Otaybah dari kelompok oposisi.

“Ini kemenangan besar bagi rezim, dan pukulan besar bagi oposisi yang sekarang dalam bahaya kehilangan kota-kota lain dan desa-desa sekitar Damaskus,” kata Abdul-Rahman dikutip Al Arabiya.

Bagi siapapun yang menguasai kota Damaskus adalah penting. Pasalnya wilayah ini adalah nilai strategis yang menggabungkan Suriah dengan Gaza. Tempat ini juga merupakan jantung dari penganut agama Alawi Suriah. Di dalamnya terdapat dua  pelabuhan utama negara, di Latakia dan Tartus.

“Kehilangan kendali kota tersebut akan membuat pertahanan oposisi di pinggiran kota timur laut seperti Douma, Harasta dan lain-lain melemah.” kata Abdul Rahman. [bumisyam/www.al-khilafah.org]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.