Header Ads

OPM Kembali Kibarkan Bendera Bintang Kejora

Bendera Bintang Kejora kembali dikibarkan kelompok Organisasi Papua Merdeka (OPM) dalam memperingati kemerdekaan Papua yang mereka percayai jatuh pada 1 Juli. Beberapa bendera berdiri tegak di sejumlah daerah di pulau cendrawasih. Tapi koordinator tentara OPM membantah pengibaran itu merupakan aksi dari kelompoknya.


Saat dikonfirmasi, Koordinator Umum Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka Lambertus Pekikir mengatakan, tak bertanggungjawab atas aksi pengibaran Bintang Kejora di Puncak Jaya. “Itu dari kelompok tidak jelas, silahkan aparat berurusan dengan mereka, saya tidak bertanggungjawab,” katanya.

Menurut Lambert, OPM sebelumnya menyerukan ke seluruh tentara pertahanan agar menahan diri dalam peringatan kemerdekaan Papua. Sehingga tidak perlu terjadi sabotase, penghadangan, apalagi penembakan dalam peringatan kemerdekaan mereka. "Jadi aktivitas di luar itu bukan tanggungjawab OPM,” ujarnya.

Setiap tanggal 1 Juli diperingati sebagai kemerdekaan Papua. Proklamator kala itu adalah Zeth Rumkorem dan Jacob Pray. Bersama kelompoknya, mereka menaikan Bintang Kejora pertama kali pada 1 Juli 1971. [tempo/mediaumat/www.al-khilafah.org]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.