Header Ads

Warga Buddha Tolak Kunjungan OKI ke Sittwe Myanmar

Ratusan umat Buddha di Rangoon dan ibukota negara bagian Arakan Sittwe berencana menggelar aksi protes atas kunjungan delegasi tingkat tinggi dari Organisasi Kerjasama Islam (OKI) pekan ini ke Myanmar.



Tun Hlaing, seorang aktivis Buddha Arakan, mengatakan bahwa mereka akan mengorganisir aksi protes terhadap OKI ketika mereka tiba di Sittwe, kantor berita Irrawaddy melaporkan.

“Kami mendengar bahwa mereka akan terbang ke sini pada 14 November. Kami telah menyiapkan sekitar 1.000 orang untuk memprotes mereka di bandara Sittwe,” ujarnya.

“Kami mengutuk perjalanan mereka karena kami tidak membutuhkan mereka untuk datang kemari menyelesaikan konflik kami.”

Delegasi, yang akan mencakup tujuh menteri luar negeri dan pejabat senior dari negara-negara anggota OKI, akan bertemu dengan pejabat pemerintah serta para pemimpin politik Myanmar.

Langkah mereka yang mereka lakukan itu dalam upaya mereka untuk menemukan solusi yang langgeng untuk minoritas Muslim Rohingya di negara Asia yang didominasi Buddha tersebut. Para pemimpin Muslim ini juga akan mengadakan pembicaraan dengan anggota parlemen Buddha dan pemimpin komunitas Rohingya, menurut sumber-sumber terpercaya.[fq/islampos/worldbulletin/www.al-khilafah.org]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.