Header Ads

RSUD Karawang Usir Pasien Liver Peserta BPJS

M. Efendi (50), warga Dusun Jatibaros, Desa Kertajaya, Kecamatan Jayakerta terbaring lemah di kamar rumahnya, Senin (31/3). Sebelumnya M. Efendi sempat dirawat di RSUD Karawang dengan menggunakan kartu BPJS Kesehatan. Namun, pihak RSUD memulangkan yang bersangkutan sebelum kondisi kesehatannya pulih. Foro : Dodo PRLM
M. Efendi (50), seorang pasien peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, dipaksa pulang oleh pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang, saat dalam perawatan rumah sakit tersebut. Padahal, kondisi kesehatan warga Dusun Jatibaros, Desa Kertajaya, Kecamatan Jayakerta itu, masih belum pulih.


Menurut istri Efendi, Engkom, suaminya menderita penyakit liver. Dia berobat ke RSUD dengan menggunakan kartu BPJS. Namun, sebelum kondisi Efendi pulih, pihak RSUD menyuruh yang bersangkutan meninggalkan rumah sakit. Alasannya, kondisi Efendi sudah sehat dan dapat dirawat di rumahnya.

Padahal, hingga saat ini, kondisi Efendi masih sangat memprihatinkan. Dia belum bisa bangkit dari pembaringan. Jangankan berjalan, untuk duduk saja, yang bersangkutan tidak mampu.

“Kami tak habis pikir, atas apa yang dilakukan pihak RSUD Karawang. Suami saya belum bisa apa-apa, tapi sudah dipaksa untuk pulang,” tutur Engkom, Senin (31/33/2014).

Dikatakan juga, awalnya Efendi hanya berobat di Puskesmas setempat. Namun, karena penyakitnya semakin parah, pihak Puskesmas merujuk Efendi untuk dirawat di RSUD Karawang.

Atas rujukan itu, Efendi pun dibawa oleh keluarganya ke RSUD Karawang. Namun setelah beberapa hari dirawat, pihak rumah sakit menyuruh pulang secara sepihak.

Disebutkan, saat Efendi dipulangkan, pihak RSUD tidak memberikan suratketerangan rawat jalan. Begitu pula riwayat penyakit pasien tidak dilapirkan.

“Sepertinya pihak RSUD sudah tidak mau lagi merawat Efendi,” timpal Ketua RT Dusun Jatibaros, Desa Jayakerta, Ahmad.

Ketika hal itu akan dikonfirmasikan, pihak RSUD Karawang belum ada yang memberi keterangan. Menurut seorang staf RSUD, semua pejabat RSUD sedang berlibur Hari Raya Nyepi. [karawangid/www.al-khilafah.org]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.