Header Ads

NBC Menarik Wartawan Ayman Mohyeldin Dari Gaza Walaupun Memberikan Laporan Yang Bagus

NBC Menarik Wartawan Ayman Mohyeldin Dari Gaza Walaupun Memberikan Laporan Yang Bagus
Ayman Mohyeldin, seorang wartawan NBC News yang memberikan liputan yang bagus dari Gaza dan telah menarik pujian yang luas, telah ditarik dari kawasan itu, Glenn Greenwald melaporkan hari Kamis.
NBC mengatakan bahwa Greenwald Mohyeldin, yang telah digantikan oleh kepala koresponden asing Richard Engel, telah diganti dari pelaporan berita ini karena “masalah keamanan.” Jaringan berita itu menolak mengeluarkan komentar lebih lanjut kepada umum pada hari Kamis, atau menjelaskan mengapa masalah keamanan yang menuntut dikeluarkannya Mohyeldin dari Gaza tidak berlaku bagi Engel. Tidak adanya komentar mereka memastikan bahwa alasan di balik pergantian tiba-tiba Mohyeldin dari sebuah laporan berita yang dia lakukan nyaris tetap menjadi misteri.


Laporan Greenwald ini menyusul tindakan serupa dari TV NewSer, yang menulis pada Rabu malam bahwa para staf di jaringannya tidak senang bahwa Engel telah menangani sebuah segmen “NBC Nightly News” tentang pembunuhan empat anak di pantai Gaza, meskipun ada fakta bahwa Mohyeldin benar-benar menyaksikan serangan yang menewaskan anak-anak itu dan telah merekam kejadian mengerikan itu dengan cuplikan film setelah kejadian itu selama berjam-jam.

Mohyeldin, yang telah bertahun-tahun berpengalaman meliputi wilayah itu, telah memberikan sebagian laporan yang paling bagus dan jelas dari Gaza dan Israel dalam beberapa minggu sejak kekerasan pecah di sana. Liputannya mengenai konflik itu telah dipilih oleh kritikus Baltimore Sun, David Zurawik, hari Kamis.

Situs Mondoweiss, yang meliputi wilayah itu dari perspektif pro-Palestina, berspekulasi bahwa aktivitas media sosial Mohyeldin ini bisa menjadi penyebab dipindahkannya dia dari berita yang dia ceritakan. Mondoweiss menyorot postingan Facebook ini, yang kemudian dihapus oleh Moyheldin:

Namun, seorang sumber mengatakan bahwa wartawan HuffPost, Michael Calderone, setelah postingan Facebook itu -bersama dengan tweet yang serupa – tidak dikutip oleh eksekutif NBC sebagai faktor dari keputusannya.

Ada keheranan dan kemarahan yang meluas tentang tindakan NBC itu di media sosial. Hashtag #LetAymanReport menjadi trend terus di Twitter sepanjang hari Kamis. Namun, Moyheldin, tidak berkomentar apapun. [huffingtonpost/htipress/www.al-khilafah.org]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.