Header Ads

Iraq: Perang Tiga Triliun Dollar Buat AS

Mungkin AS telah menang perang di Iraq. Tetapi disadari atau tidak, perang Irak telah menelan biaya 50-60 kali lebih banyak daripada perkiraan pemerintahan Bush sebelumnya.

Bahkan menurut Joseph Stiglitz, perang Iraq merupakan penyebab utama dari krisis perbankan yang mengancam ekonomi AS. Hal ini sebenarnya sudah diungkapkannya sekitar dua tahun yang lalu.

Stiglitz yang merupakan mantan Wakil presiden Bank Dunia itu mengatakan perang Iraq, sejauh ini, telah menelan biaya kurang lebih 3,3 triliun dollar AS. Padahal pada tahun 2003, diperkirakan hanya akan mengeruk sebanyak 50-60 miliar dollar AS saja.

Menurut Stilglitz, perang Iraq merupakan perang kedua paling mahal dalam sejarah AS setelah Perang Dunia II, dan terpanjang kedua setelah Vietnam.

Stilglitz juga berpendapat bahwa pengeluaran untuk Irak adalah penyebab tersembunyi terkurasnya keuangan yang besar dan banjir kredit murah dalam perekonomian Amerika. Saat ini, seperti kita tahu, bisnis perumahan dan otomotif telah menyebabkan resesi dunia yang terasa sangat berat di AS. (eramuslim.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.