Header Ads

AS Tawarkan 10 Juta Dolar bagi yang Bisa Tangkap Pimpinan Lashkar-e-Taiba Pakistan

Amerika Serikat telah menawarkan hadiah 10 juta dolar untuk pendiri kelompok "militan" Pakistan Hafiz Said yang disalahkan untuk serangan di kota Mumbai, India 2008 lalu yang menewaskan 166 orang, sebuah langkah yang dapat memperumit hubungan AS-Pakistan yang semakin menegang.



Hafiz Said mendirikan Lashkar-e-Taiba pada era 1980-an, diduga dengan dukungan Pakistan dalam upaya menekan India atas wilayah sengketa Kashmir. Namun Pakistan melarang kelompok tersebut pada tahun 2002 di bawah tekanan dari AS.

Said sendiri beroperasi secara terbuka di Pakistan, memberikan pidato publik dan muncul di acara talk show TV. AS juga menawarkan sampai 2 juta dolar untuk wakil pemimpin Lashkar-e-Taiba, Hafiz Abdul Rahman Makki.

Tawaran hadiah diposting di situs Departemen Luar Negeri AS Senin malam kemarin (2/4), lapor Kedutaan Besar AS di Islamabad, Selasa ini (3/4).

Hadiah bagi yang bisa menangkap Said adalah salah satu yang tertinggi yang ditawarkan oleh program ini dan jumlahnya hampir sama untuk pimpinan Taliban Mullah Omar. Namun tetap Ayman al-Zawahri, yang menggantikan Usamah bin Ladin sebagai pimpinan al-Qaidah, dengan hadiah tertinggi 25 juta dolar.

Wakil Menlu AS Wendy Sherman mengumumkan hadiah untuk pemimpin Lashkar-e-Taiba dan wakilnya pada Senin kemarin dalam kunjungannya ke India, menurut The Times dari surat kabar India.

Langkah ini datang pada waktu hubungan bermasalah dengan AS dan Pakistan semakin menegang. Parlemen Pakistan saat ini sedang memperdebatkan suatu kerangka revisi untuk hubungan dengan Amerika Serikat setelah serangan udara Amerika yang menewaskan 24 tentara Pakistan pada November tahun lalu di dua pos di sepanjang perbatasan Afghanistan.[eramuslim/al-khilafah.org]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.