Header Ads

Rakyat Iraq Tuntut Penarikan Pasukan Amerika

Usai shalat Jum'at, sekitar 15 ribu rakyat Iraq menggelar demonstrasi di kota Adhamiya, Baghdad, memperingati tahun ke delapan masuknya tentara Amerika Serikat ke negara itu.

Para demonstran menuntut penarikan tentara Amerika Serikat dan tidak memperpanjang keberadaan mereka di Iraq. Selain itu mereka juga meminta dilepaskannya para tahanan.

Petugas keamanan telah dikerahkan untuk menjaga demonstran yang melakukan aksinya selepas shalat Jum'at di Masjid Imam Abu Hanifah, dan turun ke jalan-jalan kota Adhamiya.

Juru bicara gerakan revolusi di Baghdad, Kan'aan Abdullah Muhammad mengatakan kepada Al-Jazeera bahwa aparat keamanan mencegah para demonstran dari semua akses.

Gerakan as-Sadry yang dipimpin oleh Muqtada as-Sadr mengatakan akan mengkoordinir demonstrasi besar-besar pada hari Sabtu besok, dengan tuntutan yang sama.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Amerika Serikat Robert Gates mendesak para pejabat Iraq agar segera menyelesaikan masalah perpanjangan masa tinggal tentara Amerika, hingga setelah 2011 nanti. (hidayatullah.com)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.