Header Ads

Penyelidik AS: Masjid Al-Iman California Sengaja Dibakar


Penyelidik Federal memutuskan bahwa kebakaran yang menghanguskan Masjid Al-Iman di Stockton, California pada 23 April kemarin, disebabkan karena faktor kesengajaan.

ATF, biro pemerintahan AS yang mengurusi masalah alkohol, tembakau, senjata api dan bahan peledak, mengumumkan hasil penyelidikannya pada Rabu (25/5), dan memastikan bahwa ada orang yang memang sengaja ingin membakar masjid tersebut.

Akibat kebakaran di Masjid Al-Iman, sebuah gereja yang bersebelahan dengan masjid juga ikut terlalap api. Kerugian materil akibat peristiwa ini diperkirakan mencapai 400.000 USD. Tidak ada korban dalam peristiwa kebakaran itu.

Sejauh ini, belum ada yang menjadi tersangka terkait insiden tersebut. Namun aparat berwenang menjanjikan hadiah 10.000 USD bagi siapa saja yang bisa memberikan informasi tentang pelaku yang melakukan pembakaran, agar bisa segera ditangkap.

Masjid Al-Iman di Stockton sudah melayani komunitas Muslim di California selama 20 tahun. Masjid itu menjadi persinggahan para mahasiswa dari berbagai negara yang sedang melakukan perjalanan ke California. Karena rusak berat, masjid itu kini tidak bisa digunakan lagi sebagai sarana ibadah, tempat bertemu atau kegiatan keagamaan lainnya.

Untuk membangun masjid itu kembali, pengurus masjid mengadakan penggalangan dana dan menyerukan komunitas Muslim di AS memberikan donasi untuk membantu perbaikan masjid. Dana yang dibutukan sekitar 300.000 USD, dan saat ini baru terkumpul 50.000 USD. (ln/AP/IW/eramuslim.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.