Header Ads

Ilmuwan Nuklir Iran Dibunuh Lagi

Pengendara motor membunuh seorang fisikawan nuklir Iran pada hari Sabtu (23/7). Cara yang sama dilakukan terhadap beberapa ilmuwan nuklir Iran dalam beberapa tahun terakhir.

Menurut kantor berita semi resmi Iran ISNA, korbannya adalah Darious Rezaei, profesor nuklir berusia 35 tahun yang terlibat dalam program nuklir Iran. Rezaei dibunuh di depan rumahnya di Teheran yang terletak di jalan Bani Hasyim.

Menurut laporan Mehr yang mengutip keterangan polisi, isteri Rezaei yang ikut terluka dalam serangan itu dilarikan ke rumah sakit yang mendapatkan perawatan.

Pada bulan Nopember 2010 dua ilmuwan nulir menjadi korban serangan bom yang juga dilakukan oleh pengendara motor. Pelaku menempelkan bom magnetik ke mobil mereka. Begitu kendaraan korban melaju di jalan raya menuju tempat kerja masing-masing, beberapa saat kemudian bom meledak.

Seorang korban yang selamat dari serangan yang ditujukan khusus kepada ilmuwan nuklir Iran, Fereidoun Abbasi, masuk dalam daftar hitam sanksi reolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa. Dengan tuduhan terlibat dalam aktivitas nuklir rahasia di tahun 2007, Abbasi memasukkannya dalam daftar hitam yang mengakibatkan dirinya dilarang melakukukan perjalanan dan dibekukan asetnya. (hidayatullah)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.