Header Ads

PBB: Kelaparan Melebar ke 3 wilayah Somalia Lainnya

PBB telah menyatakan kelaparan di tiga daerah di Somalia yang dilanda kekeringan, memperingatkan bahwa respon kemanusiaan internasional terhadap krisis belum cukup memadai.

"Tiga daerah ini koridor pemukiman Afgoye IDP [internally displaced people], Mogadishu IDP, di semua tujuh kabupaten kota, dan di distrik Balaad dan Adale dari tengah Shabelle," kata Grainne Moloney, kepala Pangan Satuan Keamanan dan Analisis Nutrisi untuk Somalia (FSNAU).

Hingga 409.000 orang dilaporkan berada di daerah koridor Afgoye, sehingga kamp itu menjadi kamp pengungsian terbesar di dunia, kata Moloney. Badan pengungsi PBB mengatakan sekitar 1.000 warga Somalia tiba di kamp setiap hari.

PBB sebelumnya menyatakan kelaparan di Bakool selatan dan Lower Shabelle wilayah Somalia selatan.

Badan dunia ini juga memperingatkan krisis pangan bisa menyebar ke seluruh wilayah Somalia selatan dalam empat sampai enam minggu berikutnya karena kesulitan dalam pengiriman bantuan dan kurangnya dukungan keuangan dan hanya bisa bertahan sampai Desember.

"Meskipun perhatian meningkat dalam beberapa pekan terakhir, respon kemanusiaan saat ini tetap tidak memadai, sebagian karena pembatasan akses berkelanjutan dan kesulitan dalam skala program bantuan darurat, serta kesenjangan pendanaan," kata badan pengungsi PBB.(fq/prtv/eramuslim)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.