Header Ads

Lagi, Sebuah Masjid di Prancis Nyaris Dilalap Api

Sekelompok orang menyerang sebuah masjid di timur Prancis sehingga menyebabkan kerusakan masjid tersebut.

Saluran televisi France 3 melaporkan, sekelompok orang itu menggunakan sampah-sampah yang mereka bakar untuk membakar masjid tersebut.



Pemimpin masjid mengetahui kebakaran itu ketika membuka pintu masjid saat akan menunaikan salat Subuh, sehingga kebakaran yang lebih luas bisa dicegah.

Masjid itu terletak di kota Montbeliard, yang berjarak sekira 170 kilometer sebelah selatan Strasbourg, dekat perbatasan Jerman. Akibat kebakaran tersebut, salah satu dinding masjid rusak berat, dan menurut laporan France 3, serangan yang terjadi pada Kamis (10/11) pagi, merupakan serangan yang kedua kalinya di masjid tersebut.

Sebuah buku kecil yang ditemukan di dekat masjid, dalam buku itu kelompok yang menamakan diri mereka Les Echappees Belles mengklaim bertanggung jawab atas serangan ke masjid tersebut, dan aksi pembakaran sebuah mobil van di masjid itu pada bulan Oktober kemarin.

France 3 menyebutkan, kelompok yang ditengarai beranggotakan kaum perempuan itu, merupakan pendukung kelompok ekstrimis sayap kiri di Prancis. Polisi kini sedang menyelidiki kasus ini.

Ormas-ormas Muslim di Prancis menyayangkan kejadian itu. Menurut mereka, serangan terhadap Muslim dan institusi-institusi Muslim di Prancis, makin meningkat belakangan ini.

Organisasi Collective Against Islamophobia mencatat 188 kasus berlatar belakang islamofobia sepanjang tahun 2010, dan mayoritas adalah kasus serangan terhadap masjid-masjid. (kw/IIE/eramuslim)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.