Header Ads

Serangan Udara Turki Menewaskan 23 Warga Kurdi

Dua puluh tiga orang tewas dalam serangan udara Turki di sebuah desa Kurdi di bagian tenggara Turki dekat perbatasan Irak.

Ertan Eris, seorang pejabat di partai pro-Kurdi Partai Damai dan Demokrasi (BDP) mengatakan sedikitnya 23 mayat ditemukan di desa Ortasu di Provinsi Sirnak setelah serangan pada Kamis pagi ini (29/12).


Eris menambahkan bahwa orang-orang yang tewas di antara kelompok yang terdiri 35 sampai 40 orang, berusia 16-20, yang telah menyeberangi perbatasan untuk "tujuan penyelundupan."

Jumlah korban tewas mungkin meningkat karena salju dan medan kasar membuat pencarian korban sulit dilakukan, kata Eris.

Sementara itu, sumber keamanan setempat mengatakan kelompok itu melakukan "penyelundupan gas dan gula ke Turki dari Irak utara" dan mungkin telah "keliru" mengira mereka adalah teroris Partai Pekerja Kurdistan (PKK).

Militer Turki memulai operasi di Irak utara pada Oktober lalu setelah 24 tentara Turki tewas dalam serangan yang dilakukan oleh PKK di kota Cukurca dekat perbatasan Irak. Tentara menewaskan 36 anggota PKK di lembah Kazan provinsi Hakkari.

PKK melancarkan kampanye bersenjata melawan Turki pada tahun 1984 dalam usaha untuk memperoleh kemerdekaan bagi Kurdi yang tinggal di wilayah tenggara negara itu.(fq/prtv/eramuslim)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.