Header Ads

Warga Afghanistan Protes NATO yang Tewaskan Warga Sipil

Warga Afghanistan mengadakan demonstrasi di kota timur laut negara itu untuk memprotes serangan mematikan terhadap warga sipil oleh pasukan asing pimpinan Amerika.

Pada hari Kamis kemarin (19/1), ratusan orang di distrik Chawki provinsi Kunar memprotes serangan malam pasukan NATO pimpinan AS yang menewaskan enam warga sipil pada hari Rabu sebelumnya dan meneriakkan slogan kutukan kepada pasukan asing yang menduduki negara itu, seorang pejabat provinsi mengatakan.


Anggota parlemen Afghanistan juga menyatakan kemarahan atas kematian warga sipil dan menuntut segera diakhirinya serangan malam yang sering membunuh warga sipil dibandingkan pejuang Taliban.

Seorang wanita dan seorang anak juga tewas dalam serangan udara dan darat di distrik Chawki, gubernur provinsi Fazlullah Wahidi menyatakan.

"Serangan itu tidak dikoordinasikan dengan kami. Mereka yang tewas adalah warga sipil, di antaranya seorang wanita dan seorang anak," kata Wahidi, menambahkan, "Sekarang warga menuntut keadilan."

Presiden Afghanistan Hamid Karzai sendiri telah membentuk komisi untuk menyelidiki kematian warga sipil di Kunar.

Ratusan warga sipil telah tewas dalam serangan udara pimpinan AS dan operasi darat di berbagai bagian Afghanistan selama beberapa bulan terakhir.

Selain itu, angka kematian meningkat untuk warga sipil Afghanistan sebagai akibat dari serangan NATO dan operasi militer AS di negara itu.(fq/prtv/eramuslim)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.